7 Tips Saat Bosan dan Writer Block Datang

September 01, 2019

https://pixabay.com

Menjadi seorang penulis, seorang blogger itu sesuatu banget lho Narablog. Bagi saya pribadi, keahlian menulis adalah keahlian yang sifatnya harus terus diasah, terus dilatih dan dilakukan karena menulis itu perlu ketekunan tersendiri, butuh istikomah juga, sehingga saat menulis Narablog tidak akan mengalami hambatan, alias lancar jaya. Walaupun, sebenarnya sebagai penulis pasti dihadapkan dengan yang namanya kebuntuan ide, kemacetan ide yang berujung bosan dan tak mau menulis beberapa saat, hari bahkan dalam jangka waktu yang lama.

Nah, saat menulis pernahkah Narablog merasakan berada pada sebuah titik jenuh? bosan menatap laptop, hingga mengalami kemacetan ide alias writer block? karena hampir semua penulis pernah mengalami writer block (data saya ambil saat mengikuti berbagai pertemuan penulis, rata-rata pertanyaan yang diajukan pada narasumber adalah persoalan writer block). Ternyata sayapun sering mengalami hal ini. Awalnya menulis lancar, aman-aman saja…eh…tetiba macet ide…walhasil jalan satu-satunya adalah beristirahat, baik orangnya dan laptopnya ya. Dalam hal ini Narablog butuh yang namanya ‘Me Time’, yaitu waktu special untuk ‘menghargai’ diri sendiri. Manurut saya menghargai diri sendiri itu penting dan saat Narablog mengalami writer block, yuk lakukan 'me time'.

Jadi, solusi menghilangkan writer block gimana tuh? Sebelum kembali ke laptop lagi,  berikut ada 7 tips yang bisa Narablog praktekkan saat mengalami writer block, check it out yap



1.Istirahat

https://pixabay.com
Bisa jadi lelah adalah salah satu penyebab Narablog mengalami kemacetan ide hingga bingung mau menulis apa. Nah, beristirahat itu adalah pilihan yang harus segera diambil. Apalagi menulis di malam hari dan dalam keadaan lelah, alih-alih ingin nyaman menulis di saat anak dan suami tidur, eh malah ide buyar entah kemana, jadi segera istirahat ya Narablog agar badan dan pikiran segar dan bugar.

     2. Lakukan hobi

https://pixabay.com
Semua orang pasti punya hobbi kan? Nah, salah satu solusi biar nggak macet ide yuk segera lakukan hobi yang Narablog punya, misalnya berkebun, olahraga, nonton, membaca, dan sebagainya. Kalau saya kebetulan hobi membaca buku, bagi saya dengan membaca terkadang saya menemukan banyak ide-ide baru mengumpul dan perlu segera direalisasikan.

    3. Jalan-jalan

https://pixabay.com
Duh, siapa sih yang nggak suka jalan-jalan? Saya suka banget. Untuk menghilangkan kebosanan cobalah Narablog jalan-jalan di sekitar ruangan dan keluar ruangan seperti ke rumah teman, berbelanja dan lainnya. Saat melihat suasana baru di luar kita menulis, Narablog akan mengalami pergantian pikiran sehingga segar dan siap untuk menulis lagi.

     4. Membuka Gadget

https://pixabay.com
Salah satu hal yang harus dijauhi saat Narablog menulis adalah gadget, agar bisa menulis dengan tenang, tanpa gangguan dan menghabiskan waktu yang seharusnya diperuntukkan menulis. Nah, untuk menghilangkan kebosanan, gadget bisa menjadi sarana hiburan narablog.

    5.  Ngobrol

https://pixabay.com
Siapapun suka ngobrol ya? Bagi Narablog yang bekerja di kantoran atau ibu rumah tangga bisa melakukan hal ini. Ngobrol dengan pasangan, teman se kantor, tetangga, anak, dan orang yang kita kenal bisa menghilangkan kebosanan juga lho.

    6. Melakukan pekerjaan rumah

https://pixabay.com
Pekerjaan rumah itu kalau dipikir-pikir tak akan ada habisnya. Jikalau Narablog sedang macet ide, bersih-bersih rumah bisa jadi salah satu alternatif lho, itung-itung olahraga, mengeluarkan keringat dan rumah jadi bersih cemerlang, rasanya pasti menyenangkan.

     7. Menikmati hidangan favorit

Add caption
Menghabiskan waktu dengan mengkonsumsi makanan favorit itu rasanya sesuatu banget. Nah, untuk menghilangkan rasa jenuh dan bosan, Narablog bisa menghabiskan waktu dengan menikmanti hidangan favorit. Bagi saya menyeruput kopi saat lagi macet ide itu efeknya luar biasa, serasa happy banget, hew…hew

Nah, ternyata seorang penulis itu perlu ‘Me Time’ untuk mengatasi writer block dan kebosanan, karena tuntutan profesi yang harus menghasilkan ide-ide yang banyak maka 7 tips di atas bisa membantu Narablog untuk kembali bersemangat dan memunculkan ide-ide baru. Tak ada gading yang tak retak, semoga tulisan ini bermanfaat ya? Terima kasih.

#ODOP
#EstrilookCommunity 
#Day 1
#7TipsSaatBosan
#TipsSaatWriterblock




You Might Also Like

11 komentar

  1. Duh suka deh tipsnya mba. Terima kasih mba atas insight barunya.

    BalasHapus
  2. Wah, terima kasih tipsnya mb Laili. Bermanfaat banget buat saya yang moody. Semoga odop nya tuntas, ya.

    BalasHapus
  3. Pas banget saya lagi ngalamin writer's block. Aaah, jadi semangat lagi nih😊

    Trims sharenya ya

    BalasHapus
  4. aku sih biasanya nyemil makanan kesukaan. minimal es krim hehehe. atau jalan2 ke mana gitu kek, nggak perlu jauh yg penting bikin refresh

    BalasHapus
  5. Tips yang Sangat Bermanfaat
    Cocok banget buat nambah gereget nulis bagi Blogger yang kadang masih Naik turun seperti Saya ini, hihi

    BalasHapus
  6. mantap mbak tipsnya, ternyata hampir semua penulis bisa kena writer blok ya, kalau saya biasanya ngedrakor aja, hehe

    BalasHapus
  7. Tipsnya aku banget tuh.. Aku juga suka praktikin.. Ehm.. Satu dink yang belum.. Yang melakukan pekerjaan rumah. Heheh

    BalasHapus