Mengukir Prestasi di Tahun 2019

Juli 18, 2019

https://pixabay.com


Tahun 2019 ini adalah tahun kedua setelah saya lulus kuliah di program doktoral. Perjalanan yang amat sangat melelahkan bagi saya bersekolah lagi, berstatus sebagai mahasiswa penerima beasiswa studi dari kementerian agama angkatan 2011. Bagaimana saya menjalani hari-hari tugas belajar dengan harus meninggalkan semuanya, yaitu tidak melakukan kegiatan tri darma (Pengajaran, penelitian dan pengabdian). Alhamdulillahnya saya masih mendapatkan gaji setiap bulan. Ditambah dengan lahirnya dua anggota baru dalam keluarga saya, menambah betapa status mahasiswa beasiswa itu tak selamanya indah. Alhamdulillah saya mencoba menata hati, bergantung hanya pada Allah. Masya Allah, Maha benar Allah, matematis Allah jauh di luar jangkauan pemikiran manusia. Kalau ditanya kemana saja uang beasiswa saya selain membayar spp dan belanja buku-buku, semuanya mengalir untuk membayar kontrakan rumah, membeli susu ketiga anak saya, pempers hingga kebutuhan domestik. Alhamdulillah cukup dan Allahlah yang mencukupkan saya.

Hampir 6,5 tahun saya bergulat dengan tugas akhir studi doktoral, yaitu disertasi. Bagaimana saya harus lebih bijak memanajemen waktu, waktu untuk mengolah disertasi dan bertemu promotor di kampus yang berbeda serta mengurus revisian, mengurus anak dan keluarga hingga waktu untuk me time saya. 

Waktu berjalan cepat, tak terasa saya telah menamatkan tahapan kelima, tahapan terakhir studi saya, yaitu ujian terbuka. Setelah itu satu bulan kemudian seluruh hak-hak saya dikembalikan. Sembari menanti wisuda saya kembali menata kehidupan saya sebagai dosen yang telah kembali ke kampus, alias lulus studi.

Di tahun ini (2019), saya berusaha menjadi dosen yang profesianal. Saya datang dan pulang sesuai jadwal, apalagi sebagai ASN, kemudian saya diamanahi untuk mengelola unit publikasi jurnal jurusan dan saya berusaha melakukan tri darma (mengejar, meneliti dan mengabdi) semaksimal mungkin. Alhamdulillah semua berjalan lancar, walau saya harus banyak belajar.

Selain itu sebagai penulis saya terus mengasah untuk terus menulis dengan mengikuti berbagai challenge menulis yang tersebar di sosial media. Mengikuti berbagai kegiatan menulis di blog, komunitas dan menulis buku. Kegiatan ini selain dapat memberikan suasana baru bagi saya, juga mengolah ide yang saya dapatkan.

https://pixabay.com

Alhamdulillah, hingga pertengahan tahun 2019 saya telah melakukan:

Ø Penerbitan buku solo dan antologi sebagai berikut:
1.     Buku “Sastra Arab Jahiliyah dan Islam”. Malang:  UINMalikiPress . Januari 2019.
2.     Antologi Basagita Community Fiksi Mini Mimpi “Lost In Dream”. Elfa Mediatama. Maret 2019.
3.     Antologi Pejuang Literasi Kumpulan Kisah dari Para Bunda #15HariBundaBerkisah “Sekantong Kisah untuk si Penyejuk Hati”. PL dan Lovrinz Publishing. Maret 2019.
4.     Antologi Basagita Community Cerpen Puisi “Denting Dawai Rasa”. Elfa Mediatama.  April 2019.
5.     Antologi Perempuan-perempuan Menulis “Cerita Fabel Dewasa”. (Proses terbit)
6.     Antologi Puisi Komunitas Literasi Perempuan (Proses).
7.     Antologi Cerpen solo (Proses).
8.     Menulis Novel dan Puisi di Storial dan Watpadd (Proses penyelesaian).

Ø Mengelola Komunitas Literasi Mahasiswa dan Dosen
Founder sekaligus Mentor di 2 komunitas Literasi yaitu : Qalamuna (Komunitas Mahasiswa Perwalian Akademik Menulis) dan Komunitas Literasi Perempuan (Ibu-ibu di kampus).
Ø Mengikuti challenge menulis di blog, yaitu: Setip (Seminggu Tiga Postingan) di Estrilook Community, ODOP Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN), ODOP (One Day One Post) di ISB.
Ø Mengikuti lomba-lomba menulis di blog dan menulis puisi serta cerpen.
Ø Mengikuti Blog walking (BW) di Estrilook Community, Emak Blogger Malang dll.
Ø Mengikuti event-event blogger di Malang.


Alhamdulillah, di pertengahan tahun 2019 ini saya harus banyak bersyukur kepada Allah atas nikmat-Nya, atas segala ide yang telah saya tuangkan menjadi tulisan. Semoga nanti di akhir tahun semua impian menulis dan mengajar saya menjadi kenyataan. Insya Allah. Semoga bermanfaat.

#mengukirprestasi
#prestasi2019
#odopisb
#day11
#18juli2019

You Might Also Like

0 komentar