Liburan Berkesan Bersama Keluarga

Juli 13, 2019




Area stupa Borobudur (Foto dokumen pribadi)

Libur tlah tiba…libur tlah tiba… musim liburan hari raya dan liburan sekolah dipastikan daerah saya yaitu kota Malang pasti penuh bin sesak serta padat merayap. Nah, salah satu cara dari sekian banyak cara untuk menikmati liburan adalah traveling ke tempat lain atau ke kota lain.

Salah satu kota yang sengaja dipilih untuk liburan oleh ketiga ananda saya adalah Yogyakarta. Sebagai destinasi wisata, Yogyakarta menawarkan banyak tempat-tempat wisata yang menarik dan menakjubkan. Kami berlima (Saya, suami, dan tiga ananda) berangkat dari kota Malang setelah Isya’ dengan menyewa mobil. Kami sampai di Jawa Tengah sekitar dini hari. Kami mengunjungi beberapa destinasi wisata keluarga di Jawa Tengah, yaitu:

1. Candi Borobudur
Candi Borobudur (Foto dokumen pribadi)

Lokasi Candi ini sebenarnya berada di daerah Magelang lho. Candi yang dibangun pada masa Dinasti Syailendra pada abad ke 8 masehi merupakan peninggalan sejarah yang tiada duanya. Pemandangan eksotis kami dapatkan di bawah pelataran dan juga di beberapa spot area stupa candi. Para pengunjung yang membludak cukup membuat saya takjub dengan daya pikat candi ini. Bagi kalian yang capek berjalan kaki, sekarang kalian bisa naik kereta api, bus tayo dan mobil golf untuk sampai ke area Candi. Sedangkan bagi kalian yang suka jalan kaki, tinggal jalan pelan-pelan kurang lebih 500 meter. Alhamdulillah, kami berlima berhasil naik ke atas dan melihat keindahan stupa candi dan berfoto ria. 

2. Malioboro
Jalan Malioboro (Foto dokumen pribadi)

“…musisi jalanan mulai beraksi seiring laraku kehilanganmu nikmati bersama suasana Yogya”
Kutipan lagu Kla Poject seakan memenuhi gendang telinga saya. Saat itu hari Minggu malam saya dan keluarga menghabiskan waktu di bilangan Malioboro, entah karena suasana liburan ya? Malioboro seakan penuh dengan orang-orang yang sibuk berbelanja dan sekedar menikmati malam, walaupun jam telah menunjukkan pukul sepuluh malam, keramaian kota Malioboro tetap terjaga. Kalian bisa jalan-jalan sembari berbelanja kaos-kaos serta batik khas daerah ini yang menjamur di pinggir-pinggir jalan. Kalian juga bisa naik becak atau delman khas Yogya. 

3. Pasar Bringharjo
Pasar Bringharjo (www.google.com)

 Pasar ini adalah destinasi wisata belanja batik serta berbagai aksesoris khas Malioboro. Di sini para wisatawan berkumpul sekedar menambah buah tangan dan rame banget. Saya dan keluarga berjalan-jalan sembari mencari makan malam. Pasar Bringharjo tetap buka walau malam hari.


4. Pantai Parangtritis
Parangtritis (Foto dokumen pribadi)

Lama saya tak ke Parangtritis dan akhirnya kembali. Suasana Parangtritis sedikit berubah ya? Terakhir saya pergi saat saya kuliah S1 sekitar tahun 2001 an. Ketiga ananda saya sangat menyukai pantai. Mereka bermain di bibir pantai karena demi keamanan juga, sebab ombak Parangtritis cukup tinggi. Ketiga ananda bermain pasir-pasiran dan sesekali terkena ombak. Kemudian ketiga ananda saya pergi berenang di air tawar, yaitu salah satu wahana yang sengaja dipersiapkan bagi pengunjung pantai. Berenang di air hangat Parangtritis membuat ketiga ananda gembira.

Traveling kali ini sangat mengesankan, pasalnya saya jalan-jalan ke luar kota bersama keluarga. Hal ini merupakan moment yang belum pernah terjadi. Seringnya saya pergi ke luar kota karena tugas kampus dan biasanya kami selalu bersama untuk sekedar jalan-jalan di dalam kota, kali ini saya  dan keluarga akan menghabiskan waktu bersama di kota Yogyakarta. 

Alhamdulillah liburan ananda tahun ini berjalan dengan lancar. Senang rasanya bisa membuat wajah mereka gembira sebelum berkutat dengan rutinitas sekolah. Semoga tahun depan bisa jalan-jalan lagi yaaa. Amiin.


#liburankeluarga
#liburankeyogyakarta
#ODOPISB
#Day5
#12Juli2019                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             


You Might Also Like

1 komentar

  1. Duh jadi baper ngeliat Jogja, dulu sering bgt beli batik di bringharjo buat kuliah hahaha lumayan murah2 mbk.

    BalasHapus