Infeksi Saluran Kemih (ISK) No, Uricran Yes!

Juli 28, 2019



Assalamualaikum Bunda-bunda semuanya. Kali ini saya akan berbagi ilmu yang telah saya dapatkan setelah menimba ilmu kesehatan tentang apa itu Infeksi Saluran Kemih (ISK), berikut cara pencegahannya.


Berfoto di booth Uricran
By the way, Bunda-bunda siapa nih yang suka menahan pipis? atau ingin pipis tapi ditahan? Lebih suka pipis kalau sudah sampai rumah?? hayooo…siapa nih? Nanti setelah Bunda-bunda membaca ulasan saya, jangan diulangi lagi ya Bunda….bahaya lho… Baiklah, stay terus ya Bunda, selamat membaca.

Alhamdulillah, pada hari Minggu 21 Juli 2016 yang lalu, saya dan teman-teman blogger berkesempatan mengikuti workshop sehari yang digagas oleh Prive Uri-cran Woman Community Combiphar. Acara yang diselenggarakan oleh  Prive-Uri-cran bertempat di Ibis Style Hotels Malang ini mengangkat tema “Aktif dan Percaya Diri Bebas Anyang-anyangan”.  

  Acara Uri-cran Women Community
Emak Blogger Malang in action
Emak Blogger Malang in action dengan Uri-cran godie bagnya
Kegiatan Prive Uri-cran Womens Community oleh Combiphar www.uricran.id ini bermanfaat banget lho Bunda, apalagi saya sebelumnya tidak tahu dan tidak paham tentang apa itu Infeksi Saluran Kemih (ISK) beserta cara mencegahnya. Acara ini menghadirkan dua narasumber yang luar biasa yaitu dr. Novina sp.OG, seorang dokter spesialis obgyn ternama di kota Malang dan Mbak Misela dari tim Combiphar.

Dua narasumber di acara Uricran Womens Community

Baiklah, penting banget bagi saya untuk membagikan seputar tentang ISK ya Bunda?

Narasumber pertama adalah dr. Novina, sp.OG beliau memaparkan tentang:

Dokter Novina, sp.OG sedang menyampaikan materi
Apa itu ISK?
Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah infeksi yang terjadi pada saluran kemih disebabkan oleh mikroba. Sebagian besar ISK ini disebabkan oleh bakteri, dapat juga disebabkan oleh jamur dan juga bisa oleh virus. ISK ini sudah umum terjadi pada manusia lho Bund, semoga kita sehat selalu yaa?


5 dari 10 wanita pernah mengalami anyang-anyangan
Tahukah Bunda? bahwa 5 dari 10 wanita pernah mengalami ISK, 2 diantaranya mengalami Infeksi Saluran Kemih (ISK) berulang Kalau di Indonesia gejala ini disebut anyang-anyangan.

Ciri-ciri Anyang-anyangan itu:
1.     Ingin buang air kecil terus
2.     Buang air kecil terasa nyeri/sakit
3.     Buang air kecil tidak lancar

Faktor-faktor yang mempengaruhi ISK itu banyak Bunda, yaitu:
1.     Usia (menopause)
Usia yang memasuki menopause berkesempatan untuk terkena ISK karena hormon-hormon kurang maksimal terproduksi dalam tubuh.
2.     Jenis kelamin
25% wanita pernah terkena ISK dan ISK berulang. Jadi jenis kelamin wanita lebih rentan terkena ISK disebabkan alat vital wanita yang berdekatan dengan anus, sehingga apabila cara membersihkan area ini kurang tepat bisa mendorong terjadinya ISK dibandingkan pria.
3.     Aspek kebersihan
Penggunaan toilet umum rentan juga untuk terjadinya ISK Bunda, ini disebabkan oleh bakteri yang ikut menempel pada area vital kita. Nah, kita harus lebih berhati-hati bila akan menggunakan toilet umum ya Bund? walaupun terkadang susah juga.
4.     Multipatner sexual
Setia dengan pasangan adalah hal yang harus ada pada diri kita, selain aman juga terjaga dari berbagai penyakit termasuk ISK ini. Patner sexual yang berganti-ganti bisa menyebabkan ISK, jadi penting bagi kita untuk komitmen menghindari hal ini.

Apa sih penyebab ISK?
Ternyata penyebab ISK itu adalah bakteri lho Bund. 80% kasus ISK terjadi karena adanya bakteri E.Coli yang menempel pada dinding saluran kemih. Jadi Bakteri E.Coli ini memang hidup di saluran pencernaan manusia, juga dikeluarkan melalui anus bersamaan dengan feses sehingga secara tidak sengaja bisa masuk ke saluran kemih dan menempel di dinding saluran kemih. Bila dibiarkan akan menyebabkan ISK.

Gejala ISK apa saja ?
Gejala-gejala ISK terlihat pada manusia yang normal dan juga wanita hamil, yaitu:
1.     Demam tinggi
2.     Hilangnya nafsu makan
3.     Mual dan muntah
4.     Nyeri pada pinggang
5.     Nyeri pada bagian bawah (alat vital)

Cara Mencegah ISK:
1.     Modifikasi pelaku, alias melakukan hidup sehat secara kontinyu, seperti minum setiap hari, minumlah air putih 1,5 hingga 3 liter/hari. Semakin naik berat badan seseorang (gemuk) maka air minum yang harus dikonsumsi harus lebih banyak lagi, jadi sesuaikan dengan berat badan ya Bunda. Selain itu perlu untuk menjaga kebersihan, hindari menahan pipis, bersihkan area kewanitaan dengan baik dan benar serta lakukan pemeriksaan rutin, terutama pada ibu hamil dan gunakan pakaian dalam yang menyerap keringat, jadi jauhi pakaian dalam yang ketat-ketat ya Bund.
2.     Strategi penggunaan antibiotik
Antibiotik bisa membantu pencegahan penyakit ini, akan tetapi jangan sembarangan menggunakan antibiotik ya Bund. Antibiotik bisa kita beli dan konsumsi sesuai dengan rekomendasi dan resep dokter saja. Bagi wanita hamil tidak disarankan untuk penggunaan antibiotik.
3.     Penggunaan hormon estrogent bagi wanita yang telah menopause
Hormon estrogent bisa membantu wanita yang telah menopause untuk pencegahan ISK, lagi-lagi harus dibawah pengawasan dan resep dokter.
4.  Minum Prive-Uri-cran, yaitu minuman probiotik yang baik untuk tubuh. Minuman ini pas banget untuk membantu kita dari anyang-anyangan Bunda, karena sifatnya non antibiotik jadi Uricran aman dikonsumsi.

Narasumber kedua adalah Mbak Misela dari Tim Combiphar, beliau menjelaskan tentang apa itu Prive Uri-crant beserta manfaatnya.

Mbak Misela sedang menyampaikan materi
Berdasarkan hasil riset yang pernah dilakukan oleh Uri-cran, sebagian besar responden menyadari  bahwa anyang-anyangan mengganggu aktivitas sehari-hari, namun sebagian besar masih belum melakukan upaya apapun untuk mencegah dan mengobati anyang-anyangan. Sehingga Compibhar tampil untuk memberikan solusi pencegahannya melalui buah Cranberry.

Apa itu buah Cranberry?
Cranberry adalah buah yang kaya akan Proantocyanidin (PAC) yang dapat mencegah penempelan bakteri E.coli pada dinding daluran kemih. Hasil dari beberapa studi menjelaskan bahwa Jus Cranberry diperkirakan dapat mencegah adhesi bakteri pathogen, terutama E.Coli pada sel-sel epitel saluran kemih. Jus Cranberry aman dikonsumsi pada kehamilan. Sehingga Cranberry sebagai pilihan alternatif non antibiotik profilaksis dapat mengurangi angka kejadian infeksi E. Coli pada saluran kemih sebesar 36% dab menurunkan 58% angka kejadian infeksi Saluran Kemih Berulang.

Cranberry termasuk jenis buah yang tidak mudah diperoleh di Indonesia selain harganya yang cukup mahal, rasa buah Cranberry agak pahit dan asam, sehingga Combiphar mempersembahkan PRIVE URI-CRAN yang mengandung ekstrak Cranberry yang dapat mencegah anyang-anyangan dan Infeksi saluran kemih (ISK) berulang. 

Mengenal Prive-Uri-cran


Prive Uri-cran persembahan Combiphar
Uri-cran ini tampil dalam dua kemasan Bunda, ada Uri-cran Capsule dan Uri-cran Plus
Uricran Capsule dengan komposisi 250 mg Cranberry Ekstract, dosis 1-2 kapsul/hari, isi 30 kapsul, jadi untuk pemakaian sebulan ya Bund. Uri-cran Plus dengan komposisi 375 mg Cranberry Ekstract, 60 mg vitamin C, 0,1 mh Bifidobacterium bifidum dan 0,1 Lactobacillus acidophilus, dengan dosisi 1-2 sachet per hari dan isi per box 15 sachet.
Saya lebih menyukai Uri-cran Plus Bunda, rasanya agak sepat-sepat dan segar dengan warna merah menyala keunguan.

Keunggulan Uricran
Mengkonsumsi Uri-cran ini dapat membantu dalam mencegah anyang-anyangan dan ISK, sehingga tidak perlu mengkonsumsi antibiotik. Nah, dalam Uri-cran ini mengandung probiotik (bakteri baik) yang baik bagi tubuh sehingga tidak menimbulkan resistensi (kebal) pada tubuh dan yang terpenting Uri-cran dengan ekstrak cranberry ini aman dikonsumsi.


Keunggulan Uri-cran
Oh ya, Jikalau Bunda ingin mengkonsumsi Uri-cran segera datangi apotik terdekat. Prive Uri-cran juga dapat kita beli di berbagai supermarket seperti Watson, Guardian, Century, Viva health, Kimia farma, bisa juga online di Lazada, wah…lengkap kan? Yuuk Bunda segera kunjungi apotik serta supermarket terdekat ya? 

Alhamdulillah acara Prive Uri-cran Womans Community berlangsung hingga menjelang duhur. Setelah pembagian doorprize dan makan siang bersama seluruh peserta, di akhir acara, saya dan teman-teman menyempatkan untuk berfoto bersama.


Emak Blogger in action sehabis acara
Berfoto bersama Mbak Ika, blogger hit Indonesia
Nah Bunda-bunda, demikian sharing ilmu tentang Infeksi Saluran Kemih (ISK) serta pencegahan anyang-anyangan dengan Prive–Uricran. Harapan saya, semoga Bunda sehat selalu, karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati, jadi jalani pola hidup sehat, perbanyak minum setiap hari, dan rutin mengkonsumsi Prive-Uricran. Terima kasih Bunda-bunda. Semoga bermanfaat.

@uricran
#womenscommunity
#combiphar
#Malang


You Might Also Like

0 komentar