3 Tips Menjadi Keluarga Ramah Anak

Juli 13, 2019

https://pixabay.com


Pada tanggal 23 Juli besok Indonesia akan punya perhelatan besar yaitu peingatan Hari Anak Nasional. Saat ini dirasa masih kurang maksimal adanya pemenuhan hak-hak anak. Oleh karena itu, berawal dari keluarga sebagai komunitas terkecil pemenuhan hak-hak anak perlu dijaga dan diberikan, sehingga anak merasakan bahwa hak-haknya terpenuhi dan ia menjadi sosok anak yang bahagia lahir dan batin.
Adapun 3 kunci agar anak bahagia dalam keluarga adalah sebagai berikut:

1   1. Pemenuhan Hak Anak Secara Cukup

teras.id

Berdasarkan Konvensi PBB tahun 1989, ada 10 hak-hak anak yang harus dilakukan oleh seluruh masyarakat, termasuk keluarga. Hak-hak yang dimaksud adalah: hak untuk bermain, mendapatkan pendidikan, nama (identitas), status kebangsaan, makanan, akses kesehatan, rekreasi, kesamaan, dan berperan dalam pembangunan. Kesepuluh hak ini minimal telah Ayah dan Bunda lakukan untuk memberikan penghargaan kepada anak.

2. Fasilitas Ramah Anak

Foto dokumen pribadi

Fasilitas yang dimaksudkan tak hanya terbatas fasilitas secara fisik saja namun juga non fisik.
Fasilitas Fisik misalnya: 1) tangga yang ada di rumah ramah anak, artinya tidak berbahaya, terbuat dari bahan yang aman bagi anak dan tidak terlalu curam; 2) aneka barang-barang makan milik anak seperti piring, gelas, sendok yang ramah anak, walaupun terbuat dari plastik atau seng; 3) Mainan- mainan yang dimiliki juga ramah anak, artinya Ayah Bunda silahkan memilihkan mainan yang sesuai dengan usia anak, tidak berbahaya dan membahayakan.; 4) memilihkan acara/program televisi yang ramah anak, Ayah Bunda turut mendampingi saat ananda menonton televisi dan membatasi tayangan-tayangan yang non edukatif; 5) mengontrol tayangan game atau film yang ditonton ananda melalui layar ponsel.
Sedangkan fasilitas non fisik  yang dimaksud adalah ananda merasakan bahwa seluruh anggota keluarga memberikan perlindungan dan rasa nyaman pada saat berada di rumah.Ananda merasa bahwa keluarga adalah tempat terbaik untuk berbagi kisah dan tempat tujuan awal bagi ananda untuk menyalurkan pendapat dan berekspresi serta mengembangkan potensi yang dimilikinya.

3    3. Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Yang Ramah Anak

Bidanku.com

Anak berkomunikasi bersama seluruh anggota keluarga dan juga masyarakat di sekitarnya. Secara tidak langsung, ungkapan verbal dan non verbal sebagai bentuk komunikasi sebuah keluarga juga akan menurun pada karakter ungkapan anak-anak. Oleh sebab itu, betapa keluarga punya peran penting untuk membentuk bagaimana cara berkomunikasi yang ramah anak. Komunikasi yang ramah anak akan memberikan sebuah penghargaan bahwa anak juga manusia yang perlu dihargai, didengar dan dilindungi.

Itulah 3 tips agar Ayah dan Bunda menjadi keluarga yang ramah anak. Keluarga yang memahami, menghargai dan melindungi anak akan dapat memberikan penguatan karakter anak dan menjadikan hidup anak bahagia. Semoga bermanfaat.

#harianaknasional
#keluargaramahanak
#ODOPISB
#Day6
#13Juli2019


You Might Also Like

0 komentar