3 Tips Beretika di WhatsApp Group yang Nggak Bikin Kamu Baper

Juli 21, 2019


Hari gini nggak punya WhatsApp??? So pasti punyalah ya? Seiring perkembangan zaman dan teknologi, aplikasi WhatsApp menjadi aplikasi yang menurut saya penting banget, karena ia telah menggeser kedudukan template SMS di handphone jadul. Apalagi hampir semua orang pegang handphone dan bisa dipastikan mereka menggunakan WhatsApp.

www.google.com

Awal-awal WhatsApp ada, ada perasaan heroik, happy banget dan super gembira nih ketika tiba-tiba bermunculan WhatsApp group di aplikasi WhatsApp yang kita miliki (hayooo siapa yang ngerasa?). Coba kalian lihat deh, beraneka macam WhatsApp group tiba-tiba nangkring mulai grup SD, SMP, SMA, Kuliah, belom lagi grup pengajian, arisan, komunitas blogger, menulis hingga seabrek grup. Kadang-kadang bisa bikin handphone kita meradang alias 'hang' ya...ha...ha...

Nah, saat kita berada di sebuah grup....biasanya setahu saya berdasarkan pengalaman yang saya miliki, grup-grup kepenulisan atau semacam kegiatan yang terstruktur alias ada penanggung jawabnya biasanya akan ada rule, alias peraturan yang langsung dishare pada member group. Tetapi ada pula grup yang tidak memusingkan hal itu, sehingga mulai percakapan hingga postingan selalu bikin jidat berkerut, menguras emosi dan sering membuat konflik. Lalu pada Baper deeh.

Berangkat dari berbagai hal diatas, tentunya sangat arif bagi kita untuk tahu dan mentaati berbagai aturan yang sudah ditentukan dan ditetapkan oleh sebuah grup ya?

Nah, ada 3 tips nih bagaimana cara beretika yang baik di WhatsApp group, yaitu:


1. Komitmen dengan Aturan Grup
Saat kita berniat masuk atau gabung di sebuah grup, so pasti semua aturan mulai bagaimana prosedur posting, gaya tanya dan jawab, masuk grup izin hingga left grup harus izin juga ya?? Nah, biasanya nih pas mau left, ya left ajah ya? Main keluar aja....padahal hal tersebut membuat para pengelola dan member group bertanya-tanya, apa pasal sehingga left group. Jadi saat masuk sebuah grup, pastikan kalian akan menjaga komitmen yang sudah ada ya?

2. Menjaga Sopan Santun
 Ketika kita memutuskan untuk tinggal atau keluar grup itu hak kita sebagai member ya?? Namun lebih bijak, menghubungi pengelola...menjelaskan alasan ingin keluar serta mengucapkan terima kasih serta maaf. Btw, dua kata ini '"terima kasih" dan "maaf" sangat manjur dan bisa membuat suasana indah lho, coba deh terapkan kata ini. Jadi harus kamu harus terapkan adab sopan santun ya? Agar orang-orang disekeliling kalian nggak pada Baper.

3. Punya Empati
Mengelola WhatsApp group itu butuh sosok yang punya empati tinggi. Sehingga saat para member sedang sepi postinhan, pengelola juga happy. Pun, saat menjadi member, jadilah member yang bisa mengolah empati, sehingga memimalisir konflik yang ada.

Baiklah, bicara etika secara nggak langsung terkait dengan diri kita pribadi ya? So, jikalau kalian ingin dihargai maka harus menghargai orang lain, sehingga tumbuh sinergi dan empati tanpa sakit hati dan baper yah.... Semoga bermanfaat.

#tipsberetika
#etikadiwhatsaapgroup
#nobaper
#odopisb
#day14
#21juli2019

You Might Also Like

0 komentar