The Power of Sedekah

Mei 25, 2019

Yuuk sedekah


Sedekah itu nggak usah nunggu kaya dulu lho Narablog. Bisakah? tentu saja bisa. Semua itu sebenarnya bergantung pada niat. Innamal a’malu bin niyat, yang artinya sesungguhnya pekerjaan itu bergantung pada niatnya. Jadi, apabila kita punya niatan untuk bersedekah, berbagi dengan orang lain, segera lakukanlah. Tak usah menunggu-nunggu dulu.

Apa saja sih yang bisa kita sedekahkan? kalau nggak punya duit bagaimana? Hemm, sedekah itu mudah kok Narablog, jangan dibuat susah deh. Kalian bisa sedekah dengan harta benda, kalau nggak punya sedekah dengan tenaga, pikiran serta senyuman kita juga bagian dari sedekah. Asal jangan senyum-senyum sendiri ya? berabe nantinya. Kalian bisa membantu saudara atau orang lain dengan ilmu yang dimiliki atau tenaga. Hal ini dapat kita lihat di sekitar kita, memindahkan duri di tengah jalan juga termasuk sedekah lho.

Nah, sedekah itu bisa kita lakkan kapan saja, dimana saja juga bisa. Jadi sedekah tak hanya melulu tentang harta benda yang kita punya. Tenaga, pikiran serta keringat yang kita berikan pada orang lain dengan tanpa pamrih maka masuk dalam kategori sedekah. Jadi sedekah itu sebenarnya mudah khan?

Ada banyak sebab mengapa kaum muslimim diperintahkan untuk bersedekah,  karena:

  1. Berbagi pada sesama
Apa sih untungnya kita berbagi? banyaak, dengan berbagi ada kebahagiaan tersendiri dalam jiwa kita dengan melihat senyuman orang-orang yang kita bantu. Uluran tangan dalam bentuk sedekah ini akan memupuk rasa persaudaraan pada sesama, dimana dalam harta kita sesungguhnya ada hak-hak orang-orang yang membutuhkan. Sebagaimana dalam hadits “Al-muslimu akhul muslim” yang artinya seorang muslim itu adalah saudara muslim lainnya. Jadi jangan biarkan saudara kita kesusahan, sementara kita hidup dengan kesenangan. Kemudian sedekah sesuatu itu dimulai dari saudara kita yang terdekat ya, baru saudara yang jauh.

  1. Membantu perekonomian umat
bsmu.or.id

Bisakah sedekah membantu perekonomian umat? menurut saya bisa lho, dalam artian membantu kekurangan saudara seiman kita. Sebagaimana yang telah digagas oleh beberapa lembaga seperti al-Falah, Yatim mandiri, dan BMH, ketiganya adalah lembaga yang bergerak di bidang LAZIS (Lembaga Amil Zakat Infak dan Shodaqoh) yaitu lembaga yang memiliki donator yang sangat banyak, dana dari para donator dipergunakan untuk berbagai kepentingan umat seperti beasiswa anak yatim, buka puasa hingga paket lebaran anak yatim, membantu perekonomian para janda-janda, melakukan bakti sosial, pengobatan gratis, membangun gedung sekolah, kampus hingga masjid, dan dana untuk korban bencana, dan lainnya. Peruntukan dana yang jelas dan transparan. Narablog bisa bergabung di salah satu lembaga ini.

  1. Media penjemput rezeki
nusantaratv.com

Jikalah Narablog merasakan rezeki agak tersendat-sendat, banyaklah bersedekah, karena sedekah merupakan media untuk menjemput rezeki yang berlimpah. Tetaplah yakin bahwa Allah Maha Benar atas firman-Nya. Berkhusnudhon pada Allah akan memberika efek positif bagi kita untuk menjalani kehidupan ini.

  1. Memberikan kebahagiaan jiwa
www.google.com

Narablog ingin selalu bahagia? segeralah sedekah. Sedekah itu selain menyucikan harta juga membahagiakan jiwa kita. Kebahagiaan itu sederhana, dengan melihat binar mata dan senyuman orang yang telah kita bantu, sesungguhnya telah membuat kita bahagia. Dan bahagia itu akan membuat hidup kita penuh makna.

  1. Nggak akan bikin kita miskin dan rugi
nasihatsahabat.com

Percayalah sama Allah, bahwa Allah akan membalas setiap kebaikan hamba-Nya dengan kebaikan yang berlipat-lipat. Sehingga, nggak ada yang namanya sedekah lalu ia jatuh miskin dan rugi. Padahal, sebaliknya lho Narablog, seseorang yang ingin kaya, terbebas dari hutang banyak-banyaklah bersedekah. Secara pribadi saya sering mengalami sendiri bahwa sedekah itu luar bisa, misalnya dari 50 ribu yang kita sedekahkan akan kembali pada kita dengan nominal yang berlipat ganda, dan saya telah lakukan hal ini.

Dari 5 sebab diatas, kesemuanya memberikan manfaat positif indahnya bersedekah. Nah, sekarang waktunya bagi Narablog semua untuk action dan membuktikan keindahan sedekah dalam hidup Narablog. Semoga bermanfaat.


                                                                                     

You Might Also Like

0 komentar