Manfaat Silaturrahmi Yang Perlu Kalian Tahu

Mei 28, 2019




Ramadan akan pergi
Tibalah hari nan fitri
Tebar kebaikan dinanti
Untuk menyambung silaturrahmi

Laily Fitriani _Malang, 28 Mei 2019

Pagi penuh kehangatan membahana, suara takbir menggema, saatnya berbondong-bondong menuju hari kemenangan. Ini adalah ilustrasi pagi hari saat hari Idul Fitri menyapa. Tentunya Narablog bergegas untuk mempersiapkan hari ini dengan sebaik mungkin ya?

Narablog pasti ingat, pasca solat Idul Fitri yang selalu kita lakukan hanya 1 kata, yaitu silaturrahmi. Hemm, silaturrahmi memang telah menjadi tradisi berhari raya di kalangan masyarakat Indonesia. Kurang afdhol rasanya nggak mudik, nggak pulang kampung. karena apa??? karena dengan mudik dan pulang kampung secara otomatis Narablog telah bersilaturrahmi pada orang tua, handai tolan, teman dan tetangga.

Walaupun sejatinya silaturrahmi bukan khusus dilakukan pada bulan Syawal saja, akan tetapi di bulan apapun silaturrahmi bisa kita jalankan. Sebagai muslim, tentunya menyambung silaturrahmi sangat dianjurkan.

www.google.com

Banyak manfaat yang kita dapatkan dari silaturrahmi, diantaranya adalah:

  1. Dapat memanjangkan usia
Hidup, mati dan rezeki sejatinya hanya Allah SWT sajalah yang tahu. Nah, ternyata silaturrahmi ini dapat memperpanjang usia lho Narablog? Hemm…bisa ya? Iyalah…coba secara nalar saja Narablog pikirkan, saat Narablog bertemu orang tua, keluarga, sahabat, teman so pasti yang dilakukan adalah menebar senyuman, tertawa, dan berjabatan tangan. Saat wajah Narablog memancarkan rona kebahagiaan, maka sebenarnya jiwa Narablog sedang bahagia dan jauh dari sifat buruk dalam hati yang dapat menyebabkan penyakit.

  1. Menjadi pribadi yang ramah
Menjadi muslim yang ramah why not? haruslah ya? Nah, dengan bersilaturrahmi sesungguhnya Narablog secara tidak langsung menjadi pribadi yang baik, ramah, mudah bergaul dan disenangi oleh semua orang. Sehingga silaturrahmi ini harus kita lakukan yah.

  1. Membuka pintu rezeki
Silaturrahmi sebagai sarana berkumpul saudara serta teman juga dapat membawa efek positif bagi kita lho Narablog, bisa membuka pintu rezeki saja. Misalnya Narablog sedang butuh pekerjaan, siapa tahu dengan adanya silaturrahmi, tiba-tiba Narablog ditawari pekerjaan dan sebagainya. Selain itu bisa juga dengan sebab silaturrahmi Narablog dapat kiriman parcel lebaran dari kenalan atau sahabat, dan lain sebagainya.

Dari 3 manfaat silaturrahmi diatas, kita tahu bahwa silaturrahmi bukan hanya sebagai ajang kumpul-kumpul saja, akan tetapi ia akan membawa keberkahan bagi hidup kita juga. Narablog tentunya harus waspada terhadap seseorang yang tiba-tiba dating bersilaturrahmi, sedangkan kita belum tahu dan paham seseorang tersebut. Intinya harus waspada ya?

Nah Narablog, silaturrahmi di hara raya Idul Fitri harus selalu kita lakukan ya? walaupun secara zaman milenial hanya berucap lewat media sosial saja, namun hal yang terpenting adalah bertemu langsung dengan kita selaku penyambung silaturrahmi, karena dengan bersilaturrahmi akan membawa banyak kemanfaatan kepada diri kita juga orang lain.

Saat Idul Fitri nanti, Narablog akan bersilaturrahmi kemana saja nih??? Kalau saya selalu ke rumah Papa dan Mama di Bondowoso bersama keluarga (anak dan suami), saya jarang pulang ke kampong suami (luar Jawa), sehingga silaturrahmi lewat media sosial tetap digunakan.  Sehingga saya tetap bisa bersilaturrahmi walaupun mertua jauh di sana.

Oh ya, untuk menambah detail tampilan dan gaya Silaturrahmi kita, boleh dong tips dari saya:

  1. Gunakan pakaian yang sopan
Hemm, kalau lagi berlebaran, baju-baju baru mah lewaaat terus ya? Nah, saat bersilaturrahmi nanti, gunakan pakaian yang sopan dan nyaman dipakai. agar Narablog tampil menawan dan nggak keringetan ya?

  1. Tak menggunakan aksesoris yang berlebihan
Nah, seringnya silaturrahmi sekaligus ajang pameran barang yang kita miliki nih hew…hew... Oleh sebab itu, kurang penggunaan aksesoris berlebihan. Aksesoris ini bisa termasuk make up, pernak-pernik baju, sepatu, tas, hingga perhiasan yang dimiliki. Pakailah seadanya.

Okelah Narablog semua, inilah dua tips ala saya saat kalian bersilaturrahmi. Jangan lupa selepas solat ‘Id langsung silaturrahmi yaaa. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

7 komentar

  1. Silaturahmi memang membawa berkah dan banyak lagi keutamaan yang lain. Qadarallah, lebaran tahun ini kami tidak mudik jadi silaturahmi dengan keluarga via online aja. hehehe

    BalasHapus
  2. siap mbak, selalu senag kalo diajak silaturahmi keliling di kampung halaman sambil berkenalan dengan kerabat-kerabat baru misal istri/suami dari sepupu hehehe

    BalasHapus
  3. Silaturahmi udah jadi kewajiban dan tradisi Di moment lebaran gini. Alhamdulillah bisa dikasi kesempatan kumpul keluarga besar setiap tahun.

    BalasHapus
  4. bnyk sekali berkah silaturahmi y mb^^ brtmu keluarga dan kawan lama mmg sll mnyenangkan. terima kasih tulisannya mb ^^

    BalasHapus
  5. I love silaturahmi, apalagi sama kawan2 baru di dunia per-blog-an yess, mbk. Bener bgt tuh 3 manfaat silaturahminya, dan bisa nambah relasi juga.

    BalasHapus
  6. Silaturahmi memang banyak keutamaannya. Benar juga saat bersilaturahmi sudah sepantasnya Kita berpakaian sopan dan tidak berlebihan juga

    BalasHapus
  7. nama kita hampir sama ya mbak. mungkin kita lahirnya deketan. hehehe.. mungkiiiin..
    eh, jadi salfok ke nama.

    btw, saya setuju sama semua yang mbak sampaikan di atas. silaturahmi itu kan keluar rumah ya, pakai baju yang bagus boleh, tapi sopan dan nggak berlebihan juga harus diperhatikan ya mbak.

    BalasHapus