Keseruan Belajar Menggali Peluang Ngeblog Bersama Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB)

Mei 07, 2019


 
Para Pemateri yang luar biasa
Duh…, siapa sih yang nggak pengen terkenal? dapat job yang banyak dari ngeblog? punya branding yang bagus? dan satu lagi nih….punya penghasilan yang cukup dari ngeblog? kebayang nggak sih ?

Nah, hari Minggu tanggal 5 Mei 2019, sehari menjelang puasa Ramadan kemarin, saya berkesempatan mengikuti workshop “Create Opportunities from Blogging” bersama 4 blogger ibukota yang luar biasa keren, yaitu Mbak Ani Berta, Mbak Riri Restiani, Mbak Dama Vara dan Mbak Liswanti Pertiwi.

Wokshop Create Opportunities From Blogging

Acara yang dihelat di Indosat Ooredoo galeri Malang ini mendapat sambutan yang luar biasa dari para peserta yang notabene mereka adalah para blogger-blogger yang keren banget. Sebagian dari para peserta sudah malang melintang di dunia blogging lho? saya termasuk blogger lama namun sempat vakum dengan segudang kesibukan kantor dan kini kembali menekuni hobi ngeblog sembari bergabung dengan komunitas Emak Blogger Malang dan Alhamdulillah sekarang sudah mulai dapat job sedikit demi sedikit, aduhai senangnya.

Baiklah, acara Workshop Blogging bersama 4 narasumber dari Komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) yang juga bekerjasama dengan Indosat Ooredoo Malang ini berlangsung meriah, para peserta menyimak materi dari awal hingga akhir dengan sangat antusias, ada sesi tanya jawab, makan siang bersama dan terakhir sesi kuis dari para narasumber dengan rangkaian detail acara sebagai berikut:

Mbak Ani Berta membuka acara
Mbak Berta membuka workshop dengan memberi penekanan pada betapa pentingnya sebuah peluang. Bagaimana para blogger dapat menemukan peluang dan mencapainya serta yang tak kalah pentingnya adalah menumbuhkan inovasi.

Kemudian acara dilanjutkan oleh pemateri pertama yaitu Mbak Riri Restiani seorang blogger dan enterpreneur yang mengembangkan bisnis dari hobi yaitu membuat sovenir wisuda dan berbagai macam aksesoris dari bahan flannel dengan project puluhan juta, yang mana dari hasil usahanya, Mbak Riri ini bisa membeli laptop dan kendaraan lh, hebat kan?. Para narablog bisa jalan-jalan ke blog Mbak Riri di www. PrincessRhie.com dan www.RiriRestiani.com serta instagram Mbak Riri di @PrinceccRhieShop. Mbak manis ini menjual aneka macam bentuk aksesories yang lucu-lucu seperti karakter Hello Kitty, Doraemon, Pucca, Owl, Minion, aneka kalung, bros dan juga gantungan kunci. Jadi, Mbak Riri itu sosok wanita single mandiri yang menciptakan peluang dari hobi yang selama ini ditekuninya dengan memaksimalkan media sosial yang dimiliki.
Mbak Riri Restiani sedang memberikan materi

Menurut Mbak Riri ngeblog itu asyik banget karena selain menambah kepercayaan diri juga dapat membangun relasi dan membuka banyak peluang, sehingga sebagai sosok entrepreneur, Mbak Riri banyak memotivasi para peserta workshop, sekaligus juga memberikan tips-tips bagaimana memulai bisnis sesuai dengan passion, yaitu:
  1. Memilih usaha yang tepat dengan mengecek sesuai survey tingkat kebutuhan bahwa usaha tersebut memang sangat dibutuhkan.
  2. Wirausaha sesuai hobi misalnya aksesoris unik, fashion dari flannel dan sebagainya.
  3. Semangat memasarkan jualan, misal dengan masuk ke galeri kampus dengan sovenir wisuda.
  4. Bersilaturrahmi secara online dan offline pada para customer dan teman.
Oh ya, dengan memaksimalkan konten dalam sosial media, usaha Mbak Riri makin maju pesat, beliau juga memberikan tips seputar memanfaatkan blog dan sosial media untuk berwirausaha, yaitu
  1. Memisahkan akun sosmed pribadi dan usaha, harus beda ya?
  2. Konten blog: meliputi review produk sendiri dan promosikan pada follower untuk membeli, serta arahkan dimana bisa membeli.
  3. Konten facebook fans page: sebagai media promo karena bisa menerima banyak fans di banding dengan facebook biasa.
  4. Konten twitter: update sapaan pada followers diselingi update promo dan foto produk.
  5. Konten instagram: update promo produk, perbaiki tampilan feed agar menarik, dan mengoptimasi tampilan IG sesuai dengan brand dagangan/produk yang kita miliki.
Wirausaha yang dilakukan oleh Mbak Riri ini tidak serta merta meningkat lho, akan tetapi pasti butuh proses sehingga usaha Mbak Riri bisa sukses dan mendapatkan hasil dari kerja kerasnya, sehingga so pasti ada strategi bagaimana Mbak Riri bisa meningkatkan penjualan barang, melalui perencanaan pemasaran, promosi barang secara konsisten, kreatif, dan jangan lupa untuk evaluasi diakhir atas apa yang telah direncanakan.

Nah, itu tadi adalah tips serta rahasia bagaimana Mbak Riri bisa sesukses sekarang. Menjadi wirausaha muda dengan memaksimalkan konten blog dan media sosial, sehingga Mbak Riri mendapatkan hasil yang maksimal dan laris manis.

Selanjutnya beralih pada pemateri kedua, yaitu Mbak Dama Vara. Wanita mungil ini sekarang masih kuliah di dua universitas Sampoerna dan Bina Nusantara sembari bekerja di PR Agency. Mbak yang satu ini sudah menangani project desain hingga ke New York lho, pernah diundang workshop Mozilla ke Texas, duh keren banget. Oleh sebab itu, Mbak Dama Vara ini pas banget berbagi tips desain untuk blog dan sosmed yang user friendly yang berjudul “Layouting For Blogger”. Materi ini saya butuh banget he..he..
Mbak Dama Vara sedang presentasi

Baiklah, pada sharing kali ini, Mbak Dama Vara menekankan perlunya sebuah persona, yaitu personality user pada suatu design. Menurut beliau, ada hubungan erat antara persona dengan blog kita. Apa itu??
  1. Blogger harus tahu siapa pembaca utama (primer) blog.
  2. Blogger harus tahu siapa pembaca kedua (sekunder) blog.
Sehingga dalam memberikan design, blogger punya gambaran yang utuh dan menarik para pembaca untuk berlama-lama stay and join di blog yang kita miliki.

Jadi, seberapa penting design bagi blog kita? Penting banget ya? karena dengan desain yang baik akan:
  1. Mempermudah pembaca memahami isi tulisan.
  2. Memperpendek durasi proses pemahaman informasi.
  3. Sebagai dekoratif, namun jangan berlebihan ya
Selain itu Mbak Dama Vara juga memperkenalkan 3 macam desain yang bisa para blogger gunakan untuk dekoratif blog, yaitu: Canva, UNUM, dan Pinterest.

Setelah mengenalkan 3 macam desain yang bisa digunakan oleh para blogger untuk mempercantik tampilan blog dan sosmed, Mbak Dama Vara juga memberikan cara-cara singkat bagaimana mengatur tingkat kecerahan gambar dan bagaimana seharusnya tampilan story instagram yang sesuai dengan bidang yang kita miliki. Wanita yang mendapat project desain dari luar negeri ini memiliki talenta bagaimana mendekoratif dan mendesain pesanan dengan luar biasa. Keren abis deh Mbak Dama Vara. 

Untuk sesi ketiga ini akan diisi oleh Mbak Ani Berta, seorang blogger keren yang mengawali ngeblog di era 2008 an berawal ketika beliau bergabung di KPPA. Awalnya Mbak Ani Beta seorang pekerja kantoran, kemudian resign dan mencurahkan segala tenaganya untuk ngeblog.  Para narablog bisa melihat tulisan-tulisan Mbak Ani Berta melalui blog www.aniberta.com, mampu.or.id dan beberapa website lainnya. segudang prestasi telah dikantongi Mbak Ani Berta seperti consultant & Media Mentoring Australian Aid 2015, Speaker at Asean Work Life Balance Conference 2016 di Malaysia, participant of google intervierweres 2016, danRepoter Unbound Innovation Festival 2017 di Singapura dan jagoan menang lomba blog lho. Wow...keren bingit.
Mbak Ani Berta sedang memberikan materi

Mbak Ani Berta menekankan perlunya seorang blogger dalam membangun branding, karena brand itu penting dan orang akan melihat brand yang kita miliki, sehingga dari branding akan memunculkan peluang. Singkat cerita, semenjak bergabung di KPPA, (Mbak Ani juga narasumber di KPPA), beliau mendapatkan job menulis dalam dua bahasa (bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) dari Australia selama 3 bulan, ini semua karena branding. Sehingga sangat tepat bila Mbak Ani Berta membawakan sub tema “Tips Menjadi Freelancer di Era Digital”.

Dengan merebaknya media sosial, era digital menjadi sesuatu hal yang sangat penting bagi dunia freelancer. Beliau memberikan beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan job-job freelancer. Ternyata, eh ternyata, menjadi freelancer itu harus persiapan dulu lho, sehingga para blogger mampu berkarya dengan baik,yaitu:
  1. Memiliki tabungan yang cukup.
  2. Memukan potensi diri.
  3. Mengasah kemampuan.
  4. Memanfaatkan workshop online dan offline.
  5. Memperbanyak portofolio (jam terbang).
  6. Memperluas networking.
  7. Perlunya attitude yang baik.
7 hal diatas dapat kita lakukan sehingga peluang-peluang kita banyak, branding jelas, dan orang akan terkesan saat bekerjasama dengan kita.

Satu lagi nih dari Mbak Ani Berta, bahwa menjadi freelancer harus memiliki beberapa prinsip yang harus dipegang, yaitu:
  1. Jeli terhadap peluang.
  2. Kerja dua kali lebih keras.
  3. Pandai beradaptasi
  4. Fleksibilitas.
  5. Menjadi bos dan karyawan untuk diri sendiri.
Nah, menjadi freelancer itu sebuah tantangan tersendiri, bagaimana tahapan seseorang untuk menemukan peluang, mengerjakan job, membuat rencana kerja dan pembagian waktu, hingga membahagiakan diri sendiri, seperti Mbak Ani Berta yang berhasil membeli rumah serta mencukupi kebutuhan kuliah anandanya.

Pemateri terakhir, yaitu Mbak Liswanti Pertiwi, owner wedding dan social media specialist di beberapa perusahaan juga freelance financial project akan berbagi dalam materi “Memanage Keuangan”. Materi ini pas banget bagi para teman-teman blogger, karena dari hasil ngeblog pastinya selain produk para blogger juga dapat fresh money, dan sebenarnya uang yang dihasilkan para blogger itu banyak, akan tetapi karena tercampur dengan dana keuangan sehari-hari sering membuat kita tidak paham uang hasil ngeblog itu pada kemana? duuh susah ya? Jadi, Mbak Liswanti hadir untuk memberikan ‘pencerahan’ kepada kita sejauhmana seorang bloger itu harus pandai dalam mengelola keuangan.
Mbak Liswanti Pertiwi sedang presentasi

Sharing dibuka oleh Mbak Liswanti dengan bertanya pada para blogger, apa yang diinginkan, diimpikan dari hasil ngeblog selama 3 bulan ke depan? Wah, jawaban teman-teman beragam nih, mulai dari beli logam mulia, perhiasan emas, beli buku, beli laptop hingga peralatan fotografi. Selanjutnya pemateri memberikan point penting mengapa blogger perlu mengatur keuangan, yaitu dengan menganjurkan kepada para blogger untuk memiliki tabel penghasilan blogger yang berguna untuk mengetahui sejauhmana usaha dan hasil job serta besaran fee yang diterima, lalu dialokasikan untuk keinginan yang memang kita inginkan selama menjadi blogger. Selain itu kita juga memberikan ruang untuk berzakat mal, berinvestasi, bayar asuransi dan juga kebutuhan lainnya.
Para pemenang kuis maju menerima hadiah

Diakhir acara, keempat pemateri memberikan kuis seputar materi yang telah disampaikan. Yeyy, banyak peserta yang mendapat hadiah lho.

Alhamdulillah saya menang kuis berhadiah flashdisk dan semua peserta berhak mendapat godie bag berupa souvenir kaos atau aksesoris dari acara workshop ini. Masya Allah, saya bersyukur sekali bisa hadir di acara wokshop keren dan sekaligus saya upgrade dan menimba ilmu ngeblog langsung dari ahlinya. Terima kasih Mbak Ani Berta, Mbak Riri Restiani, Mbak Dama Vara, dan Mbak Liswanti Pertiwi semoga sharing ilmu ini menjadi amal jariyah Mbak-mbak semua, sukses selalu. Terima kasih atas kesempatan untuk belajar create opportunities from blogging. Di akhir acara dilanjutkan dengan foto-foto bersama seluruh peserta.

Jepret-jepret dulu

Foto bersama para peserta workshop






You Might Also Like

0 komentar