5 Perkara Mudik Ala Anak Rantau yang Harus Diketahui

Mei 25, 2019

Mudik yuuk


“Lebaran nggak mudik? nyesel banget deh”. Begitu kali ya? ungkapan bagi para pejuang rantau yang sedang bersibuk-sibuk ria di tempat ia berjuang. Yap! bagi anak rantau macam saya, mudik itu sesuatu banget lho, walaupun sebenarnya saya bisa kapan ajah pulang, tetapi karena tugas negara dan tugas mengurus keluarga membuat saya harus tak selalu mudik setiap minggu, dan moment lebaran adalah moment terbaik yang selalu dinanti.

www.google.com

Salah satu tradisi masyarakat Indonesia menjelang lebaran adalah mudik. Filosofinya adalah bahwa seseorang yang mencintai kampung halamannya akan selalu rindu untuk kembali pulang. Nah, kata “idul fitri” bermakna kembali suci. Kembali bisa bermakna secara kontekstual, yaitu kembali suci dengan cara berkumpul bersama keluarga dan handai tolan.

Mudik lebaran itu semacam tradisi yang ‘wajib’ yah? akan tetapi tergantung dengan anggaran yang kita miliki lho, sehingga mudik kita aman dan juga nyaman. Nah, apa saja sih perkara yang harus diperhatikan oleh anak rantau saat mudik? berikut penjelasannya, check it out :

  1. Moment kumpul bareng keluarga dan handai tolan
Moment kebersamaan bersama keluarga

Tak diragukan lagi berkumpul bersama hangatnya seluruh anggota keluarga adalah salah satu sebab penting mengapa semua orang rindu untuk mudik. Selain sebagai kesempatan bertemu seluruh anggota keluarga, saling bertanya kabar,dan juga berbagi kehangatan dengan semua handai tolan. Pastinya saat mudik yang tergambar dalam benak adalah bertemu keluarga besar, saling bermaaf-maafan, makan bersama, dan cerita dari A sampai Z bagaimana kehidupan di tanah rantau hingga persoalan anak-anak.

  1. Nostalgia masa kecil
Tape Bondowoso (www.google.com)

Saat mudik semua orang bakalan nostalgia lho, seperti nostalgia masa kecil, rindu masakan Mama hingga makanan-makanan khas daerah. Selain itu nostalgia bareng teman-teman saat sekolah dulu, sehingga muncul apa yang dinamakan reuni, sebagai salah satu ajang kumpul-kumpul ketemu teman lama dan berbagi kabar.

  1. Berbagi kebaikan dan rezeki
gadiscover.id

Ketika mudik biasanya kita selalu mempersiapkan sesuatu untuk dibagikan pada orang tua dan sanak keluarga, mulai uang, baju, kue-kue hingga bingkisan sembako. Hal ini sebagai bentuk rasa syukur betapa kita telah diberi keluasan dan kelapangan rezeki oleh Allah untuk berbagi senyum dan kebahagiaan pada sesama.


  1. Perlu anggaran khusus
islampos.com

Nah, mudik itu ternyaa butuh anggaran khusus lho? terutama untuk kalian yang berada di daerah luar Jawa, kudu pesan tiket jauh-jauh hari ya? apalagi seluruh armada darat, laut dan udara di 10 hari terakhir menjelang lebaran bakalan naik lho. Tentunya dengan mempersiapkan anggaran khusus mudik akan membantu kalian untuk memudahkan keuangan. Oh ya, anggaran untuk mudik harus dibedakan dengan anggaran lainnya, sehingga jelas dan tidak bikin pusing.

  1. Perlu kekuatan hati
https://pixabay.com

Eit, ternyata saat mudik juga butuh kekuatan hati lho? Waduh apa pasal nih? hew…hew…iyalah, sebab akan ada banyak barisan pertanyaan yang bakalan kalian jawab saat mudik dan bertemu keluarga, handai tolan, hingga sahabat dan teman-teman. Apa itu? hemmm, pertanyaan pertama biasanya “Kerja dimana?” “Kapan nikah?” “Anak sudah berapa?” dan lain sebagainya. Duuuh, menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas itu kudu punya kekuatan hati lho? hew…hew…

Nah, itulah 5 perkara yang bakalan harus dimiliki oleh para anak rantau seperti saya ini. Tentunya dengan memiliki persiapan khusus untuk moment mudik, akan memudahkan serta melancarkan seluruh rencana mudik yang telah direncanakan. Semoga bermanfaat.


You Might Also Like

0 komentar