5 Hal yang Selalu Dinanti Keluarga dan Menjadi Berkah Ramadan

Mei 16, 2019

https://www.google.co.id


Memasuki bulan suci Ramadan, seluruh kaum musimin bersuka cita untuk menyambutnya. Biasanya sebagai tanda dimulainya puasa, para siswa sekolah melaksanan pawai untuk menyambut datangnya bulan suci serta membawa poster berisi seruan-seruan untuk berpuasa. Selain itu, seluruh tempat-tempat fasilitas publik, seperti pusat-pusat perbelanjaan mulai berbenah dengan menampilkan ornamen-ornamen masjid beserta kaligrafi dan yang tak boleh lupa adalah icon buah kurma lho.

Ramadan sudah pasti menjadi berkah bagi umat manusia, selain dinanti bulan ini menjadi sebuah bagian yang sangat bernilai dan penting dalam hidup umat Islam. Selain bulan ibadah, Ramadan juga menjadi bulan pendidikan bagi kaum muslimin. 

Nah, keluarga sebagai komunitas terkecil dalam masyarakat memberikan waktu-waktu terbaik untuk memberikan warna Ramadan pada aktivitas dan kegiatan dalam rumah. Apa dan bagaimana tentang Ramadan ini, yuuk segera disimak ya?

Ada 5 hal bahwa Ramadan menjadi bulan yang selalu dinanti dan menjadi berkah bagi keluarga, sebagaimana berikut ini:

  1. Bulan Pendidikan
Ramadan adalah bulan untuk meng upgrade kembali sebuah ibadah yang kita lakukan, mulai solat lima waktu, tadarus dan berbuat baik pada sesama. Selama satu bulan, kita digembleng oleh Allah di bulan Ramadan untuk berpuasa, menahan segala sesuatu yang membatalkannya, berusaha memperbaiki amalan dengan solat tepat waktu, puasa yang benar, tadarus siang malam dan berbuat baik untuk sesama dengan bersedekah dan berinfak untuk orang-orang yang membutuhkan di sekitar kita. Nah, bulan Ramadan menjadi titik awal bagi kita untuk memulai kebaikan-kebaikan tersebut. Sehingga setelah kita lulus pendidikan di bulan Ramadan, maka ke-11 bulan kita sudah terbiasa untuk melakukannya.

https://www.google.co.id

  1. Sahur dan buka
Sahur dan buka adalah salah satu moment penting, dimana seluruh keluarga bisa diusahakan untuk berkumpul. Bagaimana membangun sebuah relasi antara Ayah, Ibu, anak, nenek dan orang lain. Dalam sahur dan buka puasa terdapat kebersamaan untuk menjalani Ramadan dengan suka cita. Citarasa sahur dan buka bersama keluarga itu beda banget dengan sahur dan buka sendiri lho sodara-sodara.                      
                               
https://www.google.co.id
                                                                            
  1. Tarawih
Hal yang tak pernah terjadi di bulan lain adalah adanya solat Tarawih. Solat ini dilaksanakan setelah solat Isya dan berjamaah di musolla dan masjid. Biasanya yang sering terjadi, jamaah Tarawih di minggu pertama akan membludak, sehingga pernah ada cerita lho jikalau ada orang yang tidak dapat tempat untuk solat tarawih di musolla. Setelah memasuki minggu ketiga, biasanya jumlah jamaah semakin ke depan, dalam artian makin sedikit. Nah, seharusnya kita menggiatkan solat tarawih di bulan-bulan terakhir karena Ramadan akan pergi.
https://www.google.co.id

  1. Tadarus
Membaca al-Qur’an menjadi sebuah rutinitas yang selalu digalakkan. Setelah solat lima waktu menjadi saat-saat yang baik untuk bertadarus. Nah, kebiasaan ini harus kita pupuk untuk dilanjutkan pada bulan-bulan lainnya. Jangan biarkan al-Qur’an sebagai pedoman kita tak pernah disentuh dan yang paling penting adalah mentadabburi maknanya, sehingga al-Qur’an menjadi sebuah way of life kita.

https://pixabay.com

  1. Berbagi dengan sesama
Sering kali kita dengan tentang ajakan untuk meningkatkan amal ibadah kita deiantaranya dengan berbagi pada sesama. Selain diwajibkannya bagi seluruh kaum muslimin untuk berzakat fitrah, sedekah dan infak adalah hal yang bisa kita lakukan pada sesama. Biasanya di setiap sekolah, masjid, lembaga-lembaga pendidikan, ataupun komunitas ada sarana untuk bisa menyalurkan zakat infak dan shadaqah. Kita harus mengingat bahwa apa yang kita berikan pada orang lain akan dibalas oleh Allah dengan kebaikan yang berlipat-lipat ganda. Selain itu, dengan berbagi pada sesama mengajarkan kita bahwa ada hak-hak mereka dalam harta kita.
https://www.google.co.id

Dari 5 hal diatas, Ramadan datang sebagai sebuah keberkahan tersendiri bagi kaum muslimin. Bagaimana ia dapat mem tarbiyahkan diri, hati melalui berbagai kegiatan yang nanti akan dibalas oleh Allah SWT. Jadi mulailah lakukan 5 hal diatas dan sambutlah keberkahan Ramadan dengan penuh iman dan takwa.

Selamat menunaikan ibadah puasa.

You Might Also Like

0 komentar