3 Makanan Favorit Berbuka Ananda yang Layak Kalian Coba

Mei 27, 2019



Ramadan telah tiba….yeaayyy…happy banget. Berharap Ramadan aka nada dalam setahun nih… Saat Ramadan tiba kedua ananda saya Alhamdulillah sudah puasa full, sehari penuh, sedang ananda ketiga masih puasa ala-ala dia ya? bangun tidur minta susu tapi nggak mau makan nasi hew…hew… Hemm…namanya saja anak-anak ya? saat pulang sekolah di sore hari biasanya si Kakak bakalan nodong buat beli kue apa gitu, minuman apa gitu. Tapi yang sering ya? ketiga anak saya itu doyannya ngerayu si Uminya untuk buatin kue. Kue apa ajah, seringnya kue Pancake, mereka sukaaa banget.

Nah, saat berbuka saya pernah menghidangkan aneka makanan dan minuman kesukaan ketiga ananda saya, sebagai berikut:

  1. Pancake
Pancake (foto dokumen pribadi)

Jenis kue dari barat ini merambah Indonesia ya? dan anak-anak saya suka banget. Biasanya saya membuat Pancake ini sesuai resep yang saya browsing lewat internet, namun makin lama saya lupa catatan saya di mana (karena kebanyakan catatan ya), lalu saya mulai mencoba-coba membuat Pancake ala saya dengan mengingat-ingat resep. Walhasil jadi dong kuenya. Pancake ala saya itu hampir-hampir mirip adonan kulit dadar gulung bila sudah jadi namun manis karena saya mencampurkan gula di dalamnya, serta tak lupa saya melipatnya, karena kulit pancake ala dadar gulung yang lebar. Sebenarnya agar memudahkan ananda saya makan siih. Lalu setelah matang, pancake ini diberi toping susu kental manis coklat. Lega yang saya rasakan saat mereka bolak-balik mencomot kue yang sudah jadi dan antri untuk mengambilnya. Duuuh….seraya saya menjadi Umi yang paling beruntung di dunia, hew…hew..

Kalau sekarang saya sering mencoba adonan Pancake yang sudah ada di toko. Sehingga tinggal ditambahkan telur dan air saja, tanpa mixer. Hasilnya pancake banget. Anak-anak saya suka.

  1. Bolu Pisang Keju Kukus
Bolu Kukus (foto dok pribadi)

Hobi saya suka bikin kue memang, sedari dulu, nah memanfaatkan buah pisang yang ada di rumah adalah salah satu keahlian saya ciyeee. Berbekal dari resep di internet saya sedikit memodifikasi resep yang ada. Kebetulan saya memiliki peralatan kukus mengukus sebelum oven, sehingga secara otomatis saya suka membuat kue dengan memanfaatkan kukusan yang saya miliki.

Saat saya membuat kue ketiga ananda saya so pasti menyerbu dapur dan mereka semua meminta jatah kerjaan. Akhirnya mereka mendapat bagian untuk mengayak tepung, mengaduk adonan hingga melumatkan pisang. Mereka hobi masak semua, dan bakalan rebut bila tak mendapat bagian pekerjaan.

Nah, membuat bolu pisang keju kukus ini mudah banget, berikut bahan dan cara membuatnya ya? Hayuuk dicoba….

Bahan:
Tepung Terigu 6 sdm, tepung maizena 2 sdm, gula halus 8 sdm, soda kue ½ sdt, keju dipotong kotak-kotak kecil, minyak goreng 3 sdm, telur 2 butir,, pisang hijau masak 2 buah dihaluskan dengan garpu.

Cara membuat:
1.    Campur tepung terigu, tepung maizena, dan soda kue, aduk rata.
2.    Aduk telur dan gula halus dengan wisk sampai larut, tercampur, agak naik sedikit.
3.    Masukkan campuran tepung (no 1) pada campuran telur, aduk rata, masukkan pisang dan keju aduk rata.
4.    Tuang minyak goreng aduk rata.
5.    Siapkan Loyang dari plastic, olesi dengan minyak goreng sedikit lalu tuang adonan.
6.    Kukus hingga matang.

  1. Roti Kukus Mentega
Ketiga ananda saya suka makan roti dengan olesan mentega dan meses. Saat bosan, saya membuat model baru. Jadi Olesi roti dengan mentega, taburi dengan gula pasir, tutup dengan roti yang sudah dioles mentega lalu kukus kurang lebih 10 menit, dan taraaa….hasilnya nyammi banget. Cobain deh.

Nah, ini dia 3  makanan berbuka favorit ketiga ananda saya dan sebagian resepnya, bikinnya cepat lho dan kalian perlu coba nih. Yuuuk buruan belanja dan buat. Semoga bermanfaat.


You Might Also Like

0 komentar