Berbagi dalam Cerita Anak

April 12, 2019


Koleksi buku-buku (Foto dokumen pribadi)

Sebagai pencinta buku anak, saya menyukai seri buku anak-anak yang sarat nilai, makna dan warna. Saya selalu salut dan angkat topi pada para penulis cerita anak-anak yang penuh ide-ide brilian untuk menghadirkan cerita anak yang berkualitas, bermanfaat dan penuh makna.

Salah satu cara untuk memenuhi perpustakaan mini keluarga saya adalah dengan jalan membeli buku dan mengikuti giveaway buku-buku yang tersebar di media sosial. Selain itu, agar ketiga ananda saya termotivasi untuk membaca buku-buku, saya sengaja memilihkan buku-buku cerita anak yang bercerita tentang keseharian dan mengandung nilai-nilai karakter.

Berikut ini buku-buku seri cerita anak yang saya dapatkan dari berbagai giveaway buku, dan lagi-lagi saya bersyukur berkesempatan memilikinya.

Buku Cernak 1 (Foto Dokumen Pribadi)
  •       Pada 5 April 2017 saya mendapat hadiah buku dari Mbak Agnes Bemoe, seorang penulis buku anak-anak yang terkenal. Dari beliau saya berkesempatan menerima 1 paket buku cerita pertamaku terbitan Tiga Ananda Solo yang berjudul: “Membantu Lulu”, “Titi Pemberani”, dan “Titi Bermain Lompat Tali”. Buku ini berbentuk cerita bergambar dengan tokoh fable (binatang) yang familiar bagi dunia anak, yaitu kucing, ayam dan tikus. Buku full gambar sangat menarik bagi anak-anak, ditambah dengan kalimat yang tidak banyak. Saya punya pengalaman khusus dengan buku ini. Pada saat anak saya yang sedang duduk di TK B, ia belajar membaca dari terbata-bata hingga lancar dengan menggunakan buku ini.
Buku Cernak 2 (Foto dokumen pribadi)

  • .      
    Seri Si Koksi dengan judul “Aku Teman yang Baik” adalah hadiah dari mahasiswi saya yang sedang membuka toko online. Buku yang bercerita tentang persahabatan ini ditujukan khusus bagi anak usia 2 tahun ke atas. Buku yang didesain dengan hard cover ini ditulis oleh Ade Yulia pada agustus 2017 dan diterbitkan oleh Pustaka Rima, Seri buku ini ada beberapa seri seperti “Aku Kakak yang Baik” dan “Aku Penjaga Lingkungan”. Ceritanya bagus banget.   
Komik (Foto dokumen pribadi)

  •       Buku Komik “Miss Repot” ini adalah komik remaja yang diberikan cuma-cuma pada anak kedua saya saat mengikuti playdate pada tanggal 6 Maret 2018. Komik terbitan Mizan Media Utama ini ditulis oleh Vinca Callista dan gambar oleh Chairunnisa Puspasari. Cerita bergulir saat Rena Poetri Arlanda, alias Rere remaja asal Kota Udang, Cirebon ingin melanjutkan kuliah di Bandung. Selain itu ia ingin menjadi seorang penyiar radio seperti penyiar favoritnya Alita Giorafsan. Ia berusaha mengubah penampilan dirinya agar bisa menjadi sosok yang diharapkannya. Ia pun mengikuti audisi penyiar radio Rapal Bandung dan berusaha menjemput mimpinya.
Buku Cernak 3 (Foto dokumen pribadi)

4     Di pertengahan tahun 2018 saya mendapat hadiah buku “”34 Dongeng Super Amazing Kekayaan Fauna Indonesia” karya Kak Wulan dkk yang diterbitkan oleh Scritto Book Publisher. Buku ini lahir dengan konsep yang menarik bercerita tentang 34 fabel khas dari 34 provinsi di Indonesia sebagai kekayaan alam yang perlu dilestarikan. Selain itu, buku ini juga mengusung nilai-nilai konservasi satwa langka Indonesia yang dikemas dengan cerita yang sarat makna, mearik dan tentunya anak-anak suka.
Buku Cernak 3 (Foto dokumen pribadi)

5.       Buku seri Profesi Impianku berjudul “Asyiknya Menjadi Ilmuwan” karya Rae Sita Patappa. Buku ini menceritakan tentang apaitu ilmuwan dan apa saja yang dilakukan. Buku terbitan Tiga Ananda ini saya dapatkan ketiga acara tukar buku, dan saya mendapatkan buku anak ini.

Buku Cernak 4 (Foto dokumen pribadi)

6.       Di akhir tahun 2018 saya mendapatkan hadian buku giveaway dari Mbak Arleen tentang buku edutivity Learn to count. Buku ini digambar oleh Mbak Dian Oviera yang bercerita tentang What’s Upstairs? dan What’s Downstairs? bercerita tentang belajar menghitung berbagai hewan yang biasa ditemui di lantai atas dan lantai bawah. Buku terbitan Gramedia Pustaka Utama ini pas banget buat ananda ketiga saya yang sedang duduk di Playgroup. Konsep berhitung dengan media gambar animal yang lucu membuat dunia belajar ananda saya semakin luas dan bersemangat.

Alhamdulillah, beberapa buku saya miliki melalui adanya giveaway. Alhamdulillahnya anak-anak saya suka banget. Terima kasih kepada semua penyelenggara giveaway.

You Might Also Like

0 komentar