Menjadi Generasi Smart di Era Industri 4.0

Maret 15, 2019


Ali bin Abi Thalib berkata: “Wahai kaum muslimin, Didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya”

Seminar Parenting di sekolah Kakak (Foto dokumen pribadi)

Sabtu, 2 Maret 2019 yang lalu saya berkesempatan untuk menghadiri acara Seminar Parenting yang dihelat oleh sekolah anak pertama saya. Sekolah Kakak ini setiap tahun selalu memberikan ilmu parenting kepada para wali murid. kali ini bertempat di depan gedun SMA Surya Buana, saya bersama para wali murid menghadiri seminar parenting yang berjudul “Menjadi Generasi Smart di Era Industri 4.0”.

www.pixabay.com

Yap, kini kita berada di era industry 4.0. sebuah era sebagai dampak adanya dunia internet. Wabah digitalisasi kemana-mana yang berujung pada semua lini kehidupan wajib melek internet. Sehingga tak pelak lagi arus sosial media apapun itu tengah menjadi pusat ‘peradaban’ yang tiba-tiba.
Sebagai orang tua, tentu harus ada ilmu untuk membekali bagaimana orang tua berinteraksi, berkomunikasi bersama anak. Bagaimana cara orang tua memandang era industry 4.0 ini, terutama untuk kepentingan masa depan anak-anak. beragam hal canggih yang dihasilkan oleh smartphone cukup membuat anak-anak kita terus menatap layar hape dan hasilnya tentu saya tidak bagus.

Sebelum acara seminar dimulai, acara ini dibuka oleh pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, sambutan dari ketua yayasan Bahana Cita Persada dan penampilan dari beberapa siswa-siswi TK, SDI, MTs dan SMA Surya Buana berupa kegiatan menyanyi, menari, drama, hingga pencak silat. Seru dan keren-keren semuanya. Sekolah berhasil mengelaborasi kreativitas semua siswa sesuai dengan bakat masing-masing.

Acara inti berupa seminar parenting ini mengundang salah seorang pakar motivator terkenal di kota Malang hingga Asean, yaitu Ibu Dr. Umi Dayati, M.Pd. Ibu yang ramah dan humoris ini berhasil memberikan ilmu dan wawasan kepada para wali murid untuk memberikan sounding yang baik nan hangat untuk ananda. Memasuki era industry 4.0 tentunya berbeda dengan era zaman para Ayah Bunda yang hadir, sehingga perlu adanya penyikapan terkait masalah internet, penggunaan gadget yang berlebih serta tetap menghargai ananda dengan memberikan ruang lingkup untuk tumbuh kembangnya, seperti kebutuhan anan untuk memiliki imajinasi.

Alhamdulillah seminar parenting ini mendapat sambutan yang hangat dari para orang tua murid dengan banyaknya pertenyaan yang diajukan kepada pemateri. Tak lupa doorprice turut digelar untuk memeriahkan acara ini.

Bagi saya, kegiatan seminar parenting ini sangat bermanfaat, dikarenakan sebagai orang tua kita harus punya ilmu, tak ada kata tua untuk belajar. Zaman anak-anak kita telah berubah, maka anak-anak harus kita beri model komunikasi dan pemahaman yang sesuai dengan zamannya, tentunya yang sesuai dengan koridor Islam dan sesuai dengan tumbuh kembangnya.

You Might Also Like

0 komentar