Kue Moho: Jajanan Langka Mirip Bakpao

Maret 19, 2019

Kue Moho (Foto dokumen pribadi)


Saat saya kecil, membeli kue-kue adalah salah satu barang mahal dan terkesan mewah. Orang tua sangat jarang untuk membawa kue, kecuali setelah menghadiri acara nikahan atau baru datang dari luar kota. Lalu saat saya berkeluarga, saya sering membuat aneka kue-kue kukus. Membuat kue adalah salah satu kegiatan saya yang didukung oleh anak-anak. Pas banget, saya suka, anak-anak suka. 

Ketika saya berbelanja ke tukang sayur, saya menemukan salah satu kue legendaris yang belum pernah saya temukan, ibu-ibu menyebutnya Kue Moho.

Sekilas kueMoho ini mirip bakpao yang juga dikukus dalam cara pembuatannya, namun bentuknya terbuka di bagian atasnya alias sedikit mekar layaknya kue kukus yang mengembang. Ciri khas yang terlihat dari kue Moho ini adalah warna merah atau coklat yang sangat pekat tepat di bagian atas. Seperti pewarna yang sengaja ditumpahkan di bagian atas adonan kue sebelum dikukus.

Kue Moho (Foto dokumen pribadi)

Oh ya Moms, ternyata nama asli kue Moho ini adalah Hwat Kwee lho. Aslinya kue ini memang punya cerita tersendiri bagi kaum Tionghoa, salah satu jenis jajanan dalam kebiasaan suku Hokkian di Semarang, kemudian keberadaan kue ini juga merambah ke daerah Malang.

Rasa kue Moho ini persis dengan tekstur kue kukus mekar, hanya lebih padat. Kue ini banyak peminatnya lho. Pas banget untuk sarapan, apalagi tukang sayur selalu ready di pagi hari dengan membawa kue Moho. Selain itu, kue Moho ini bisa didapatkan di beberapa toko kue-kue basah, hanya saja sudah jarang.

You Might Also Like

0 komentar