Belajar Bahasa Arab Bagi Pemula

Maret 15, 2019

usamahrahman@wordpress.com


Assalamu’alaikum Moms dan Sahabat semua.
Siapa hayo yang suka pelajaran bahasa? Terutama bahasa asing? Bahasa Inggris ddan Bahasa Arab??? Semua Moms pasti pernah merasakan belajar bahasa asing saat di bangku sekolah hingga kuliah ya?

Kali ini saya akan membahas tentang bahasa Arab. Bahasa Arab sudah diakui sebagai bahasa Internasional ya Moms? Kira-kira belajar bahasa Arab susah ndak sih? Kunci awal belajar bahasa Arab adalah harus bisa membaca huruf hijaiyah, alias mengaji ya? catat.

Bahasa Arab adalah rumpun bahasa Smit, yaitu salah satu turunan bahasabahasa Arab kuno, diantaranya melahirkan bahasa Arab, Bahasa Suryani dan lainnya.
Sebagai bahasa asing, bahasa Arab menurut saya dari sisi grammar (Nahwu), dan perubahan kata (Shorof) agak susah dibandingkan bahasa Inggris.

Namun, belajar bahasa Arab bagi pemula itu perlu lho, selain untuk komunikasi, tujuan belajar Bahasa Arab adalah memahami Al-Qur’an. Nah untuk kebutuhan percakapan sehari-hari belajar bahasa Arab bisa dimulai dari belajar kosakata (Mufrodat) terlebih dahulu, lalu belajar berbicara tentang percakapan sehari-hari seputar kegiatan. Jadi model pembelajarannya aplikatif ya Moms.
Untuk materi Mufrodat misalkan kosakata di rumah, Moms bisa menuliskan kata-kata yang berbahasa Arab disertai gambarnya lalu di print dan letakkan di tempat-tempat yang ada benda-benda tersebut.

Misalnya:

  • Di Ruang Tamu Moms bisa menempelkan kosakata Ruang tamu, Kursi, meja, sofa, lampu, foto, jam dinding, karpet), dll 

  • Di Ruang belajar, Moms bisa tempelkan kosakata tentang ruang belajar, rak buku, computer, meja, kursi, buku, buku tulis, pulpen, pensil, penghapus, penggaris, kertas, gunting, selotip, tisu, dll.

  • Di ruang tidur, Moms bisa tempelkan tentang: Ruang tidur, kasur, bantal, guling, kursi, meja, selimut, lemari, jam dinding, foto, kalender, lampu, dll.



picoku.net

  • Di dapur, Moms bisa menempel kosakata Dapur, piring, sendok, garpu, ceret, kompor, wajan, periuk, panci, gelas, cangkir, air, teh, kopi, gula, kulkas, telur, nama sayuran, nama buah-buahan (nanas, papaya, jeruk, apel, anggur, durian, dll), ikan, ayam, dll

  • Di kamar mandi Moms bisa menempelkan kosakata tentang Kamar mandi, air, pasta gigi, sikat gigi, gayung, ember, handuk, sampo, dll
Nah dari kosakata-kosakata yang tersebar di 5 daerah (Ruang tamu, ruang belajar, kamar tidur, dapur, kamar mandi) ini secara tidak langsung kita dan anak-anak kita akan berusaha membaca sekaligus mengingat-ingatnya.

Selain itu, bahasa agar mudah diingat adalah harus dilafalkan, diucapkan agar pembacaan dan bunyi katanya benar sekaligus untuk mengingat kosakata-kosakata baru.

Ada tips belajar bahasa Arab bagi pemula, yaitu:

  1. baca kosakata dengan tepat dan benar.
  2. Ulangi hingga hafal.
  3. Praktekkan bersama teman/keluarga

You Might Also Like

0 komentar