Yuk Menjadi Narablog Yang Bermanfaat

Januari 14, 2019

www.pixabay.com


Manusia adalah makhluk yang suka berkisah. Secara tidak langsung manusia dengan segala aktivitasnya memiliki ruang untuk membangun komunikasi antar sesama. Bentuk-bentuk komunikasinya adalah dengan lisan maupun tulisan. Sebagai human social, manusia butuh orang lain untuk sekedar berbagi rasa lewat kisah yang disampaikan secara lisan, dari mulut ke mulut hingga tulisan.

Saya penyuka semua jenis kisah. Sering kali kisah-kisah itu tersampaikan lewat lisan dan tulisan. Sejak  tahun 2006 saya menuliskan kisah berupa curahan hati saya melalui media sosial, yaitu blog. Waktu itu saya mengenal blog sebagai wadah yang tepat bagi saya untuk membangun branding saya sebagai penulis. Walaupun blog saya pernah sepi bagai sarang laba-laba dan berakhir dengan tanpa postingan tulisan, dikarenakan saya terlalu suka cita memburu kegiatan menulis dalam bilangan antologi menulis. Kini, di akhir 2017 saya mulai berusaha membangun mimpi-mimpi panjang sembari mengukuhkan niat saya sebagai blogger yang sesungguhnya.

Alasan Saya Ngeblog
Bagi saya, ngeblog itu sesuatu, bagai sayur tanpa garam, tiap hari saya menuntut diri saya untuk menuliskan kisah serta pengalaman menarik dalam blog. Blog adalah media terbaik yang saya miliki, di saat tulisan (artikel-artikel) saya sering tidak dimuat, maka blog pribadi menjadi lahan bagi saya untuk terus menyiraminya dengan tulisan sehingga saya bisa konsisten menulis dan terus menulis. Tak lupa saya sangat bahagia bila tulisan-tulisan terposting dan saya bisa berbagi kepada teman-teman.

Nah, di era millennial ini, apalagi kita telah memasuki masa industri 4.0 selayaknyalah kita melek apapun yang berbau teknologi, termasuk internet. Saya sebagai generasi 90’an sering merasa gaptek (gagap teknologi) hingga tidak up to date terhadap beragam perangkat internet yang baru. Akan tetapi niat yang besar mengalahkan semua rintangan. Saya belajar otodidak mengenal dunia internet, hingga try and eror di beberapa fitur. Awalnya saya rasakan sangat mengganggu, namun saya tetap berusaha dan mencari tahu semua perangkat berikut cara penggunaannya. Sehingga saya berhasil melewati rintangan dan bisa berblogging dengan lancar dan sukses.

Moment Special Yang Saya Dapatkan Sebagai Narablog
Baru setengah tahun ini saya bergabung di sebuah komunitas Emak Blogger di kota Malang. Awalnya saya merasa menjadi narablog yang berkutat mengisi blog dan sedikit mengikuti aneka perlombaan blog. Padahal saya banyak mendengar cerita-cerita sukses para Mom Blogger yang berhasil menjadi juara lomba hingga mendapat job dari blognya. Alhamdulillah berbekal perkenalan dengan seseorang saya pun bergabung di sebuah komunitas blogger. Masya Allah, peran komunitas itu sangat penting, terutama dalam membangun jejaring sesama blogger, memiliki ide yang sama di dunia menulis dan membangun branding saya sebagai seorang blogger. Selanjutnya selain pertemanan yang saya dapatkan, saya sukses mendapat aneka job blogger. Ternyata berkomunitas itu banyak manfaatnya ya?

Resolusi Blogging 2019
Sebagai narablog, saya memiliki beberapa resolusi yang Insya Allah pada tahun 2019 ini Allah akan berikan jalan agar saya bisa melalui berbagai rencana hidup dengan lancar dan sukses. Resolusi tersebut adalah:

  1. Memoderasi Alamat Blog
Alhamdulillah saya berhasil memoderasi alamat blog saya, dan lagi-lagi sebab pertemanan sesama blogger. Padahal sudah lama saya memiliki keinginan untuk pindah ‘rumah’ dari blog gratisan ke blog berbayar. Kini dengan ruang dan kapasitas yang cukup luas dan mandiri, saya  akan mengelola blog saya dengan penuh semangat di tahun 2019.

  1. Konsisten Mengisi Blog
Saya berusaha untuk mengisi blog saya setiap hari dengan mengusung tema ODOP “One Day One Post” saya berniat untuk melakukan hal ini dan membangkitkan memori saya untuk terus bersinergi dengan hati dalam menuliskan segala kisah dan pengalaman hidup yang bisa memberi manfaat bagi sesama.

  1. Menuliskan Artikel Seputar Buku-buku yang Saya Miliki
Saya pencinta buku-buku. Sifat ini ‘sengaja’ saya turunkan kepada ketiga ananda saya. Menurut saya, “cinta berawal dari suka”. Jikalau ketiga ananda saya suka buku-buku, insya Allah mereka akan suka membaca. Beragam buku yang saya miliki, saya ingin berbagi tentang aneka macam isi buku. Siapa tahu akan banyak orang yang mendapatkan manfaat dari beragam informasi postingan buku-buku saya.

  1. Menuliskan  Calon Buku Solo 
Hobi saya menulis. Sejak duduk di bangku Madrasah Aliyah (setingkat SMA) saya terhipnotis oleh sebuah Majalah remaja “Annida”. Majalah ini berhasil menarik saya untuk menggeluti dunia fiksi dan juga faksi. Jalan panjang menulis cerpen, puisi dan artikel saya tempuh hingga saya menjadi seorang Emak. Barisan antologi puisi dan cerpen menghiasi lemari buku saya, ditambah artikel-artikel yang tersebar secara online dan offline. Sebuah prestasi yang menurut saya sangat bagus, namun, saya belum memiliki karya solo. Cerpen dan puisi yang saya tulis berupa NuBar (Nulis Bareng). Nah, resolusi penting saya adalah ini, dan blog adalah media yang tepat bagi saya untuk menuliskan cerita dan puisi-puisi saya. Doakan ya?

  1. Media Berlomba
Saya suka mengikuti challenge. Berbagai perlombaan sering saya ikuti, dari lomba menulis hingga menghias buah dan sayur. Niat saya adalah mendapatkan sebuah pengalaman, walaupun tidak menang, tetapi saya punya pengalaman untuk mengikuti step-step perlombaan. Lomba blog pertama saya di tahun 2007-an tentang review gawai produk terkenal dan cerita anak. Keduanya tidak menang, namun saya mendapatkan banyak hal untuk mengikuti lomba blog ini, mulai persiapan memikirkan judul yang menarik, isi yang objektif serta tampilan tulisan yang eye cathing. Kesemuanya membutuhkan waktu yang cukup panjang dan saya belajar banyak dari pengalaman saya. Sehingga saat ini mengikuti berbagai kompetisi blog adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas tulisan saya melalui pembacaan para juri tentunya ya?

Jadi, di era yang serba canggih dan mudah ini kiranya ngeblog tak lagi menjadi sesuatu hal yang susah. Semua orang berlomba-lomba menjajaki profesi sebagai blogger. Oh ya, menjadi narablog yang baik itu perlu lho ya? Tulislah hal-hal yang memberikan inspirasi bagi orang lain, jauhi berita tidak valid dan menulislah dengan hati. Insya Allah menjadi narablog yang bahagia. Amin.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 komentar