Mengenal Dunia Menulis Part 1

Januari 05, 2019

www.pixabay.com


Menulis bisa dikatakan sebagai suatu kegiatan yang sering kita lakukan, mulai menulis surat, laporan keuangan belanja harian, menulis pelajaran hingga menulis sms di gawai. Sehingga kegiatan menulis ini sudah biasa dilakukan oleh siapapun.

Sebagai kegiatan rutin, ternyata menulis itu jika kita tekuni akan mendapatkan hasil yang luar biasa lho. Ada banyak hal seseorang ingin menulis, diantaranya adalah:

      1. Menulis sebagai hobi
Hobi menulis dapat menghasilkan beragam jenis tulisan sebagai penghibur dan pembelajaran seperti puisi, cerpen, artikel dan novel. Hobi yang terus ditekuni akan menghasilkan model tulisan yang lebih baik dari tahun ke tahun.

      2. Menulis merupakan self healing
Self healing adalah proses untuk menyembuhkan diri dari luka batin. Menulis dalam kategori ini adalah merupakan sarana bagi seseorang untuk mengeluarkan apapun yang ada dalam jiwanya, entah itu perasaan sedih, bahagia, kesal, hingga rasa sakit hati. Dengan media menulis perasaan itu akan tersalurkan sehingga akan membuat ruang di hati lega dan nyaman serta dapat menjalani hidup dengan baik.

3    3. Menulis sebagai rekam jejak
Apa yang telah, sedang, dan akan kita tulis pada akhirnya akan menjadi sejarah dan rekam jejak kehidupan kita di dunia. Menulis adalah salah satu cara untuk menjadikan rekam jejak keberadaan kita menjadi nyata. Ilmu yang kita bagikan dalam bentuk catatan-catatan esai hingga buku adalah rekan jejak kita dan orang akan mengenangnya.

4    4. Menulis sebagai mata pencaharian
Saat ini di era industry 4.0 dunia teknologi telah berkembang pesat dan berdampak pada semua lini kehidupan, termasuk menulis. Menulis tidak lagi sekedar menulis di setiap lembar kertas atau buku, akan tetapi setiap orang telah menggunakan fasilitas teknologi internet untuk menuangkan semua ide-ide seputar apapun. Dengan adanya beragam website, orang mulai bercerita dan menuliskan pengalaman serta kegiatan yang pernah dilakukannya melalui internet dan mendapatkan pundi-pundi rupiah. Banyak orang yang telah sukses dengan strategi ini. Sehingga menulis dan bercerita tidak lagi sebatas untuk kepentingan diri sendiri, namun juga untuk orang banyak.

4 hal diatas adalah sebab mengapa seseorang menulis dalam hidupnya. Menulis membutuhkan ketekunan yang luar biasa dan tulisan seseorang terus berbobot seiring dengan tempaan pengalaman yang ia miliki. Oleh karena itu, teruslah menulis dan menulis hingga tulisan kita bermanfaat bagi sesama.

You Might Also Like

0 komentar