Megenal Dunia Menulis Part 2

Januari 06, 2019

www.pixabay.com


Menulis itu mudah lho?, Padahal sering orang berpikir bahwa menulis itu sulit dan butuh waktu panjang untuk bisa mahir dalam menulis. Sebenarnya kata kunci agar seseorang mahir menulis adalah dengan menulis ….. menulis …..dan menulis. Proses menulis inilah yang nantinya akan membentuk gaya menulis dan karakter tulisan seseorang.

Dalam dunia akademik menulis merupakan suatu keharusan. Seorang akademisi akan menuliskan penelitian-penelitiannya dan mempublikasikan melalui penerbitan buku atau jurnal ilmiah. Sehingga kebutuhan menulis menjadi kebutuhan primer.

Sedangkan bagi seseorang yang bergelut di dunia non akademik, menulis bisa menjadi sarana untuk melepaskan segala kepenatan hidup yang dijalaninya (self healing) dan menulis bisa juga menjadi sebuah kebutuhan bagi siapa saja yang berprofesi dan bercita-cita sebagai penulis, atau bukan penulis.

Saat ini, menulis tidak saja dilakukan oleh anak-anak yang bersekolah. Para Emak kini juga sedang aktif dan getol dalam menulis. Melalui berbagai komunitas, para Emak berhasil belajar dan berlatih menulis, serta menerbitkan buku-buku yang tentunya sangat bergizi dan up to date. Berbagai pengalaman para Emak mulai tersalurkan, tertulis dan terbukukan. Semua yang dilakukan selain memberikan rasa bahagia apabila telah berhasil ‘melahirkan’ buku juga memberikan konstribusi berbagi pengalaman kepada para pembaca yang rata-rata didominasi oleh para Emak juga. Jadi, sesungguhnya para Emak itu menulis dari dan untuk Emak, semua amal jariyah yang Insya Allah memberikan manfaat kepada khalayak.

Salah satu karya antologi cerpen sebuah komunitas

Kini, menulis tak lagi dianggap sulit. Ada banyak komunitas-komunitas yang menawarkan beragam paket belajar menulis mulai kelas gratis dan berbayar dengan memanfaatkan media sosial. Sehingga tanpa bertemu mukapun proses belajar bisa dilakukan. Komunitas-komunitas yang memiliki ide yang sama-sama berdedikasi lewat tulisan ini sangat pas memanfaatkan media sosial untuk memberikan informasi dan sharing pengalaman tentang berbagai hal. Sehingga kini, menulis bukan lagi persoalan yang sulit. Siapapun bisa menulis dan berkonstribusi untuk kemajuan sesama. Selamat menulis.

You Might Also Like

0 komentar