Ini Dia Keseruan Acara Blogger Malang

November 01, 2018


Acara Blogger Malang Bersatu & Bersinergi

Minggu nan cerah bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2018 lalu, saya sengaja menghadiri acara blogger Malang yang bertempat di 7sevencafe jalan Soekarno Hatta Malang. Acara yang bertema “Blogger Malang Bersatu dan Bersinergi” ini adalah ajang berkumpul dan bersatunya para komunitas Blogger yang tersebar di Malang Raya dalam menyambut Hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober 2018. Ajang kumpul-kumpul ini dimeriahkan oleh seluruh anggota komunitas Malang Citizen, Blog Kekinian, Bolang Kompasiana dan Emak Blogger, dan juga komunitas-komunitas blogger lainnya seperti Blogger Ngalam dan Smartfrend Community yang berjumlah kurang lebih 30 peserta. 
Mbak Zie sedang moderatori acara

Acara berdurasi kurang lebih 5 jam an ini menampilkan Mbak Zie sebagai moderator yang keren,


Para keempat Pemateri

beserta  empat pembicara kunci yang handal di bidang masing-masing, yaitu Mas Endrita Agung dari Malang Citizen dengan materi “Nge-Blog di Era Indrustri 4.0”, Mas Himam Miladi dari Bolang Kompasiana dengan materi “Konsistensi Konten Blog”, Mbak Ivonie Zahra dari Emak Blogger dengan materi “Emak juga Bisa Nge-Blog” dan Mas Ihwan Hariyanto dari Blogger Kekinian dengan materi “Berkah Nge-Blog”. 

Keempat pemateri dengan sangat lengkap memaparkan mulai dari berdirinya komunitas yang mereka geluti, suka-duka ngeblog hingga pengalaman ngeblog mereka.
Simak saja beberapa synopsis materi-materi para pembicara acara ini yang mantap jiwa, yuuk…
Mas Endrita dari Malang Citizen

Pemateri pertama Mas Endrita Agung dari Malang Citizen menjelaskan bahwa sesungguhnya kita sudah memasuki masa revolusi indrustri 4.0. berawal dari abad ke-18 terjadinya Revolusi industry 1.0 yang ditandai dengan munculnya mesin uap, kereta api dan perahu layar. Saat itu tenaga manusia sedikit demi sedikit sudah digantikan oleh tenaga hewan dan peralatan mesin-mesin. Lalu pada abad ke-19 ketika ditemukannya listrik yang ditandai dengan hasil produksi yang berlipat ganda maka lahirlah revolusi 2.0. kemudian abad ke-20 perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat sehingga melahirkan revolusi 3.0 ditandai dengan menjamurnya mesin-mesin yang tidak lagi dikendalikan dengan tenaga manusia, tetapi menggunakan Programmable Logic Controller (PLC) atau sistem otomatisasi berbasis komputer. Nah, memasuki revolusi generasi 4.0 ini mendorong otomisasi dalam sebuah alat yang berbasis internet. Sehingga semua pekerjaan dilakukan dengan berbasis internet atau internet of things. Lalu yang terjadi adalah banyak profesi pekerjaan yang akan hilang seiring dengan munculnya revolusi indrustri 4.0 ini, seperti pekerjaan tukang kayu, resepsionis, teller bank, travel agent, wartawan cetak, teknisi gedung bioskop, petani, juru masak, dll. Pekerjaan yang akan muncul seiring dengan revolusi indrustri 4.0 ini adalah Blogger, Programmer, game online, cyber security dll. Sehingga nge-blog adalah salah satu jenis pekerjaan yang akan berkembang pesat di era internet of things ini.
Mas Himam dari Bolang Kompasiana

Mas Himam Miladi dari Bolang Kompasiana lebih menekankan bagaimana cara mengelola ide-ide yang datang. Beliau mengatakan “jangan buang draft ide-ide yang sudah ada”. Mas Himam juga menjelaskan ada beberapa cara untuk menjaga konsistensi ide, yaiut:
  1. Melatih keterampilan menulis;
  2. Membangun budaya menulis;
  3. Mengembangkan intisari ide.
Ide itu easy come easy go, oleh sebab itu gunakan peralatan yang sudah ada, baik notes atau smartphone untuk menuliskan ide-ide yang didapat, selanjutnya tinggal mengembangkannya.
Mbak Ivonie dari Emak Blogger

Pemateri ketiga adalah Mbak Ivonie Zahra dari Emak Blogger. Emak cantik yang imut ini menceritakan tentang awal mendirikan komunitas Emak Blogger kemudian sharing tentang bagaimana seorang emak itu bisa nge-blog serta manajemen mengatrur waktu antara nge-blog dan keluarga. Kebetuan suami Mbak Ivonie blogger juga, sehingga sangat memahami dunia blogger, intinya kerjasama antar pasangan penting juga. Dari nge-blog Mbak Ivonie ini mendapatkan manfaat terkait pengalaman melakukan job placement, endorse, buzzer dan juga influencer berbagai produk.
Mas Ihwan dari BBlogger Kekinian

Selanjutnya Mas Ihwan Hariyanto dari Blogger Kekinian yang jyga suami Mbak Ivonie sharing seputar komunitas Blogger Kekinian, pengalaman seputar nge-blog berikut suka dukanya. Bapak dua orang anak ini sering lho mendapatkan berkah nge-blog terutama untuk mereview brand produk hingga hotel-hotel ternama. Beberapa hotel pernah direviewnya dan saat sedihnya bila mengetahui bahwa salah satu hotel yang pernah direview sudah tidak ada lagi, alias gulung tikar. Selain itu Mas Ihwan punya keinginan yang kuat untuk menyatukan semua Blogger di Malang raya dari berbagai daerah. Semangat sekali ya?

Selain keempat pemateri acara ini diisi dengan sharing dari Smartfriend Community dan Blogger Ngalam yang menceritakan tentang awal mula komunitas dibangun serta beragam aktivitas para anggota kedua komunitas tersebut.
Menu Makan siang

Setelah sesi materi acara dilanjutkan dengan Ishoma (istirahat, sholat dan makan siang). Sebagai santapan makan siang saya disuguhi hidangan 7seven café yaitu 7sevenchicken yang cruncy dan lezat serta segelas orange jus dari panitia.

Selanjutnya acara dimulai kembali pada jam 13.00 dengan agenda tanya jawab  dari peserta dan pengumuman kuis instagram tentang keseruan acara hari itu. Wah, ternyata yang menang didominasi oleh emak-emak dan ambak-mbak lho. the power of emak-emak dan mbak-mbak lagi berjaya ya? Di akhir acara sesi foto-foto bersama dan yang tak kalah pentingnya adalah semua peserta diharapkan untuk mengikuti Lomba Blog yang diadakan oleh Blogger Crony berhadia 1 juta rupiah bagi 4 pemenang lho.
Lomba Instagram

Lomba Blog


Akhirnya, semoga kebersamaan ini selalu ada dan seluruh Blogger Malang tetap bersatu dan bersinergi dan saya tunggu acara-acara plus meet up bersama.

You Might Also Like

8 komentar

  1. Balasan
    1. Iyya...ada yang bareng-bareng Mbak, namun saya belom ada. Terima kasih Mbak Mora sudah mampir.

      Hapus
  2. Senang ya bisa ketemu para blogger. Jadi nambah ilmu dan saudara

    BalasHapus
  3. Sayang banget aku gabisa ikut hadir hiks..

    BalasHapus
  4. Sama mba Nabilla pengen ikutan, kynya seru ktemu para blogger di Malang

    BalasHapus
  5. semoga materi sharinya bermanfaat ya mbak, makasih udah datang ke acara ini.

    BalasHapus
  6. Keren nih acaranya ya mbak... Selamat juga udah menang postingannya. Kereeen

    BalasHapus
  7. Ini ya mb artikel yg menang lomba.... Selamat yaa... Detil infonya, thx infonya soale saya telat datang jd gk ikutan lomba.... Dgn baca ini lbh thu yg dibahas diawal acara... Dukes yaa

    BalasHapus