GURI DAN FESTIVAL KOSTUM LAUT

Juni 02, 2017



“Dua hari lagi festival kostum laut akan digelar, kalian mau menampilkan kostum apa?” tanya Guri si gurita merah pada sekelompok Ikan Bawal.
“Sepertinya kami akan menampilkan kostum aneka serangga Guri” jawab Bawal Abu-abu.
“Iyya, benar Guri…mudah-mudahan kostum kita menang. Tahun lalu kostum bunga kita juara lho? Doakan ya? timpal Bawal bertubuh kecil. Guri tersenyum menganggukkan kepala seraya melanjutkan perjalanannya.
Kali ini Guri melewati sekelompok ikan pedang-pedangan. “Hallo kawan” Guri melambaikan tangannya. Ia bergerak cepat menghampiri ikan pedang-pedangan yang sedang sibuk.
“Hai Guri…” beberapa ikan membalas sapanya.
“Sibuk ya?” tanya Guri tersenyum.
“Seperti yang kamu lihat…kami sedang menyelesaikan kostum untuk festival besok” papar  salah satu ikan pedang-pedangan.
“Okelah…aku pergi dulu ya? Semangat” Guri melambaikan tangan seraya berlalu.
“Jangan lupa dukung kami ya Guri…” teriak beberapa Ikan pedang-pedangan sambil membalas lambaian tangan Guri.
Guri kembali melanjutkan perjalanannya mengunjungi beberapa kawan ikan yang sedang bersibuk ria menyelesaikan kostum-kostum unik buatan mereka.
Malam itu dirumah Guri berkumpul sahabat-sahabat Guri, ada Ikan Mas Koki, Kuda Laut dan Rita si gurita kuning.
“Serius kita juga akan tampil?” Opi si Kuda Laut membuka obrolan mereka.
“Iyya…kira-kira kostum apa ya? Pikiranku mampet? Guri memandang sahabat-sahabatnya satu persatu.
“Dari hasil kunjungan kemarin, rata-rata teman-teman ikan bakal menampilkan kostum bunga dan serangga” papar Rita si gurita kuning.
“Yap betul! “ tambah Ikan Mas Koki seraya mencomot kue agar-agar. Guri menganggukkan kepala. Ia terdiam sejenak, sepertinya ada yang dipikirkannya.
“Bagaimana Guri…kita hanya punya waktu beberapa jam saja…” kata Opi si Kuda Laut tak sabar.
Rita si Gurita kuning dan Oki si Ikan Mas Koki saling berpandangan seraya menatap Guri yang mengernyitkan jidatnya sambil mondar-mandir di depan mereka.
“Butuh waktu lama untuk berpikir ya?” bisik Rita pada Oki. Oki mengangkat bahu dan menggelengkan kepalanya.
“Horee…aku punya ide…mudah-mudahan kalian setuju denganku” ucap Guri bersemangat.
“Selama ini ada sisi keindahan lingkungan laut kita yang belum ditampilkan…” jelas Guri.
“Apa itu?” tanya Opi dan Rita bersamaan.
“Terumbu karang” jawab Guri singkat.
“Hah!? Terumbu karang? Maksudmu Guri?” tanya Oki penasaran.
Teman-teman, selama ini terumbu karang adalah bagian dari lingkungan kita. Kita hidup berdampingan dengannya, tanpanya kita tak akan mempunyai tempat singgah dan bermain di lautan ini” jelas Guri panjang lebar.
“Ooo…gitu” sahut sahabat-sahabat Guri bersamaan.
“Oke deh…yuk kita buat kostum” sambung Rita bersemangat.
“Yuk…” seru sahabat-sahabat Guri.
Mulailah mereka disibukkan membuat kostum terumbu karang. Waktu berjalan begitu cepatnya. Hingga tak sadar sahabat-sahabat Guri pun tertidur kelelahan. Guri tersenyum melihat melihatnya. Ia pun segera menyelesaikan kostum terumbu karang.
Festival kostum laut akan segera dimulai. Suasana taman laut penuh sesak oleh peserta festival dan para penonton. Satu persatu kelompok ikan menampilkan kostum buatan mereka.
“Kostum yang sangat indah ya Guri” bisik Oki pada Guri. Guri tersenyum mengiyakan kata-kata Oki. Hingga tiba giliran kelompok Guri dan sahabat-sahabatnya. Kostum terumbu karangnya mendapat tepukan dari para penonton. Terlihat para panitia juga memuji kostum buatan mereka .
Tibalah pengumuman pemenang lomba festival kostum laut 2013. “Sepertinya semua sudah deg-degan ya?” senyum Pak Tio si Lumba-lumba ketua panitia festival sambil mengedarkan pandangan pada seluruh peserta dan penonton. “Baiklah…juara satu jatuh kepada kostum…terumbu karang…juara dua kostum serangga lebah dan juara tiga kostum bunga matahari….selamat atas pemenang…dan silahkan maju ke panggung” lanjut Pak Tio panjang lebar. Para penonton bertepuk tangan melihat keberhasilan para pemenang festival.
“Wah…Guri…kita menang…” sorak Rita dan Oki senang.
“Ide kamu bagus Guri” puji Opi seraya menjabat erat tangan Guri.
“Ini semua berkat kerja keras kita juga lho” senyum Guri mengembang sembari menuju panggung untuk menerima hadiah disaksikan oleh seluruh penduduk laut.




You Might Also Like

0 komentar