Jalan-jalan Pagi

April 21, 2017

Aktivitas baru yang kujalani sejak pindah ke kontrakan baru di sebuah kabupaten Malang membuatku banyak menemui kejadian-kejadian yang menarik.
Menurutku beberapa kejadian terlihat unik dan menarik. Unik, sebab tak banyak orang melakukan dan menarik, sebab aku berkali-kali melihatnya tanpa unsur kebosanan. Walaupun derajat kemenarikan itu fifty-fifty.
Aneka macam rute sudah mulai menghiasi kepalaku. Jam-jam macet telah dapat kuprediksikan, berikut dengan gambaran lalu lintas hingga jalanan berlobang sudah kuhafal.
Pagi hari kujalani dengan bismillah mengantar kedua buah hati menuju sekolah. Berangkat di waktu pagi menjadi sebuah tujuan setiap hari walaupun tidak selalu on time. Jalanan nan sepi dari mobil membuat laju motor signifikan dan setengah jam sampailah di sekolah tujuan, alhamdulillah belun terlambat. Lain pula bila berangkat mepet, walhasil ananda bakal terlambat.
Jika hujan turun di pagi hari, jalanan tiba- tiba macet dan aku beranggapan semua oranh keluar dengan mobil mereka. Jalanan dipenuhi mobil dan motor mengais jalanan, sunggih miris. Ada pemandangan yang selalu menarik, di setiap perempatan jalur ramai hampir selalu ada orang yang membantu dalam mengatur lalu lintas. Mulai bapak-bapak hingga anak muda. Aku salut dengan mereka, tak perduli apakah mereka pemuda pengangguran, tapi kepedulian terhadap kelancaran lalu lintas kuacungi jempol. Sempat kutanyakan pada suamiku, apakah mereka dibayar? jikalau setiap hari tak lekang hujan panas mereka seharian mengatur lalu lintas, adalah orang atau lembaga yang menghargai jerih payah mereka?? pertanyaanku belum terjawab.
Di lain jalur selalu kulihat seorang bapak-bapak tua yang berjualan koran dan majalah. Menjajakan dagangannya di lampu merah, tak pernah berpindah tempat. Aku sangat salut dengan kesungguhannya dalam mencari rizki. Di balik kehidupannya ada keinginan untuk selalu menjadi yang terbaik di hari tuanya.
Ada banyak hal yang kudapatkan di sela-sela konsentrasiku menjadi sopir motor. Mereka pernah memberiku sebuah pelajaran hidup, bahwa berbagi itu indah. Berbagi apa saja, walaupun dengan berbagi tenaga dan bantuan kepada sesama.
Wallahu a'lam

You Might Also Like

0 komentar