Hari Perempuan Sedunia

Maret 20, 2017

Berbicara perempuan, otomatis berbicara tentang keunikan sosok Hawa di dunia yang penuh warna-warni. Sebagai seorang perempuan, ada banyak hal yang dapat kita lihat pada sosoknya. Tergantung sudut pandang orang memandangnya.

Perempuan sebagai sosok pribadi adalah perempuan yang memahami dirinya, kodratnya sebagai perempuan. Ia memiliki kesempatan yang sama dan terbuka dalam memposisikan dirinya di tengah masyarakat. Ia memiliki hak suara untuk ikut berkontribusi dalam mensukseskan dirinya, baik sebagai individu yang bermanfaat bagi orang lain, sebagai ibu bagi keluarganya dan sebagai ibu dari umat.

Sebagai individu, perempuan memiliki hak untuk mansukseskan masa depannya. Mulai dari menuntut ilmu, duduk di bangku sekolah, dan bekerja. Selain itu segala pernik kehidupan akan ia dapatkan, mulai dari kebahagiaan dan kedukaan semua silih berganti, datang dan pergi. Seorang perempuan juga memiliki sisi-sisi kelembutan untuk dirinya dan buah hatinya kelak.

Sebagai seorang ibu dari umat adalah sosok perempuan yang memahami bahwa di tangannyalah sekolah pertama bagi anak-anaknya. Bagaimana ia nanti mencetak sosok generasi yang handal dan tafakkuh fid dien tergambar melalui sosok kelembutan Ibu. Bagaimana ia akan mendidik anak-anaknya nanti untuk menjadi generasi yang bermanfaat bagi agama dan masyarakat.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah masih banyak pandangan sebelah mata terhadap kedudukan perempuan, banyaknya berita penindasan dan korban perempuan di beberapa lini membuat posisi perempuan belum berada di zona nyaman. Perlu adanya sosialisasi secara berkesinambungan tentang pentingnya menjaga perempuan terkait keamanan, kesehatan, pendidikan, dan budaya lokal representasi perempuan daerah.

Semoga semakin banyak upaya penyadaran terhadap pentingnya kehidupan dan mobilisasi perempuan dalam keluarga dan masyarakat. Amin

You Might Also Like

0 komentar