Memiliki Perpustakaan Keluarga

Desember 07, 2016


                                                             foto dokumen pribadi

Punya perpustakaan keluarga??? iiih...siapa takut?! Perpustakaan sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan sangat perlu dikembangkan sejak dini. Keluarga sebagai basis masyarakat terkecil dirasa memiliki andil yang sangat besar untuk memupuk dan mengembangkan ilmu dan minat baca masyarakat. Anak hendaknya dibiasakan untuk gemar membaca sejak kecil, sehingga hari-hari anak tidak hanya berkutat di depan televisi untuk menonton acara kartun kesayangan atau sinetron. Dengan adanya perpustakaan dirumah diharapkan anak dapat gemar membaca dan mendapatkan aneka ragam ilmu dari buku. Apalagi di zaman yang serba canggih saat ini, orang tidak lagi berkutat pada buku, mereka lebih memilih gadget sebagai bahan bacaan.
Memiliki perpustakaan sendiri di rumah tidaklah sulit. Kita bisa menyulap sudut ruangan rumah menjadi perpustakaan mungil dengan beberapa lemari buku yang kita miliki. Buku-bukunya boleh kita isi sesuai dengan kegemaran dan minat tiap anggota keluarga. Misalnya anak kita sangat tertarik dengan buku-buku otomotif, komik, atau cerita anak, kita boleh mengisinya dengan buku-buku tersebut.
Beberapa tips yang dapat menggiatkan anggota keluarga untuk gemar membaca serta memiliki perpustakaan dirumah, diantaranya adalah:
1. Sediakan waktu untuk mengajak seluruh anggota keluarga untuk mengunjungi toko-toko buku, atau bazar buku minimal satu bulan sekali. Pastikan mereka memilih buku-buku yang mereka senangi (untuk anak tetap dalam pengawasan orang tua dalam hal pemilihan buku). Secara otomatis kita menyediakan budget untuk membeli buku.
2. Ajaklah anggota keluarga untuk menyelesaikan/membaca buku dan mereview isi buku, sangat perlu bagi orang tua untuk mendongeng tentang isi buku pada anak yang masih balita dan belum bisa membaca.
3. Bersama-sama menjaga kerapian isi buku. Hal ini penting agar buku awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.
4. Menabung bersama-sama untuk membeli buku. Nah, belajar berhemat untuk membeli sesuatu yang berharga.
So, perpustakaan keluarga makin terasa bermakna apabila dikelola oleh anggota keluarga itu sendiri lho. Sehingga akan terasa manfaatnya, karena "Buku adalah Jendela Dunia" dengan membaca kita akan menambah cakrawala ilmu pengetahuan kita.
Wallahu a'lam, Semoga bermanfaat.

                                                    news.okezone.com



You Might Also Like

0 komentar