Tape Manis Bondowoso

Juli 20, 2016


Kuliner ini adalah jajanan asli daerah Bondowoso. Suhu udara dingin Bondowoso seakan cocok dengan tanaman penghasil tape ini, yaitu ubi kayu. Tape ini dibuat dari ubi kayu yang dikukus lalu diberi ragi dan didiamkan dalam suhu ruang. Selanjutnya tape akan dikemas dalam besek (tempat dari anyaman bambu) di kemas lalu didistribusikan hingga ke luar daerah Bondowoso.

Menurut saya, jenis ubi kayu untuk tape Bondowoso berbeda dengan tape di daerah lain, semisal Malang dan Bandung. Kalau di Malang rasanya agak manis, kecut juga dan warnanya kebanyakan putih, barangkali ph tanah ikut memberikan andil besar pada tanaman ubi ini.

Kalau teman-teman akan berkunjung ke kota Bondowoso, pastikan jajanan wajib untuk buah tangan keluarga, sahabat dan tetangga adalah tape Bondowoso. Dengan Rp. 8000,- kalian dapat membawa pulang satu besek tape. Beda ukuran besek, beda pula harganya lho ya?
Selain dipasarkan dalam bentuk yang asli, yaitu tape, tape Bondowoso juga diolah menjadi aneka ragam kuliner lain seperti tape bakar aneka rasa (coklat, strawberi, bluberi, dan keju), prol tape, dan suwar-suwir.


Nah, tungu apa lagi…..hayuk segera berkunjung ke kota tape Bondowoso, udara pegunungan yang sejuk dan tatanan kota nan asri menambah daya tarik wisatawan juga lho, sekalian berkunjung ke rumah saya. 



You Might Also Like

0 komentar