Aneka Olahan Sea Food Kering ala Kuliner Flores Nusa Tenggara Timur

Juli 20, 2016




Assalamualaikum…..Sahabat….kali ini review tentang kuliner ya….

Flores adalah pulau yang terkenal dengan hasil ikannya, biasanya selepas nelayan melakukan bagang (mencari ikan di malam hari) mereka langsung menjual ikan-ikan segarnya pada para penduduk atau sengaja dikeringkan agar awet. 

Nah, siapa yang tak kenal macam sea food yang satu ini. Hewan laut yang suka menyelamatkan diri melalui tinta hitamnya. Sebagai penggemar cumi-cumi, tak afdhol jikalau saya ndak masak sendiri. Kebetulan berburu cumi disaat bulan terang menjadi kegiatan paman-paman dan kenalan suami di belahan Indonesia bagian timur. Sejak menjadi bagian dari keluarga nelayan, beberapa sea food sempat kucicipi.

Mengolah cumi-cumi kering sedikit ribet dibandingkan cumi-cumi segar. Tekstur kulit yang tebal, kenyal dan keras membuat daging cumi-cumi harus mendapat ‘perlakuan’ yang sedikit berbeda. Pertama rendam daging cumi-cumi kering dengan air panas, tunggu lalu tiriskan. Lalu goreng dengan minyak panas dan tumis dengan bumbu-bumbu. Tara…..cumi-cumi kering pun terhidang dan cukup dapat memanjakan lidah kita.
Selain cumi-cumi, ikan teri termasuk sekawanan sea food kering yang mendominasi lautan Indonesia ciyee. 
Nah klo mengolah ikan Lurey (=dalam bahasa Flores berarti ikan teri) mudah banget. Layaknya orang-orang Jawa yang mengolah jenis ikan ini, tinggal digoreng lalu di campur dengan sambel matah udah siiip. Naah, kalo saya sebagai penggemar masakan pedas nih, ikan teri diolah ala Sambal Balado, dijamin rasanya maknyuss dan bikin saya masak nasi terus…he..he…

Dari ikan teri kita menuju ikan kering belah. Model ikan ini sudah umum di pasaran tanah air. Biasanya para ibu menggorengnya sebagai lauk dipadukan dengan sayur asem dan sambel….hemmmm nyammi. Kalau dimasak ala Flores, setelah digoreng, ikan ini dibumbui dengan bawang putih, bawang merah dan air asam Flores….hemmmm…. rasa asin bercampur kecut asam menimbulkan sensasi makan pagi dengan nasi hangat. 

So, kalo berkunjung ke Flores, kuliner ikan pasti merajai…..hayuuuk makan ikan :)

Wassalamualaikum. Salam hangat :)





You Might Also Like

0 komentar